Rabu 13 Jan 2016 10:32 WIB

Tips Merawat Ayah Bunda yang Lansia

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andi Nur Aminah
Orang lanjut usia (ilustrasi)
Foto: Safebee
Orang lanjut usia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak anak merawat orang tuanya yang sudah lanjut usia. Namun bunda yang sudah tua kadang merasa sulit menerima pembalikan peran di mana sang anak harus merawat mereka, meski hubungan sudah begitu dekat sejak kecil hingga dewasa.

Sejumlah peneliti berpendapat anak sebaiknya membiarkan ibu untuk mengambil keputusan yang dirasa bisa mereka lakukan sendiri. Seperti porsi makan siang di piringnya, mencuci piring makannya sendiri, juga cara mereka menghabiskan waktu luang dengan Anda atau cucunya. Itu mungkin cara sang ibu ingin berterima kasih kepada anak yang sudah merawatnya.

Berikut adalah beberapa faktor yang harus diperhatikan saat merawat bunda yang sudah lanjut usia, seperti dilansir dari Livestrong, Rabu (13/1).

 

1. Jaga emosi

Dokter Perawatan Primer Penyakit Dalam, Dr Suzanne Koven mengatakan anak mungkin merasa bersalah jika tak bisa mengunjungi ibunya atau ayahnya yang hidup sendirian. Anak juga bisa merasa bersalah ketika tak cukup sabar sehingga membuatnya bersuara tinggi pada orang tua.

Anda sebaiknya berbicara dengan saudara, teman baik, atau konselor untuk membantu menyortir perasaan Anda ketika merasa kewalahan merawat orang tua. Jaga diri Anda, sehingga Anda bisa mengurus ibu sendiri.

 

2. Berbagi beban

Menurut peneliti dari University of California, banyak anak bertanggung jawab mengurus orang tua mereka yang sudah lanjut usia. Tanggung jawab itu bukan hanya berada di tangan satu anak (jika Anda bukan anak tunggal). Mintalah saudara untuk berbagi aspek perawatan ibu, salah satunya ada yang membantu dari segi biaya dan ada yang membantu dari segi tenaga.

 

3. Rencanakan lebih awal

Rencanakan perawatan orang tua Anda lebih awal bersama saudara atau keluarga. Sedari dini misalnya keluarga sudah mengetahui di rumah siapa ayah atau bunda tinggal di hari tua mereka. Anda juga perlu memberikan polis asuransi jiwa untuk orang tua sehingga bisa membantu finansial jika kesehatan mereka terganggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement