Kamis 07 Jan 2016 15:59 WIB

Empat Alasan Mengapa Mengunyah Makanan Harus Perlahan

Rep: c23/ Red: Andi Nur Aminah
Menyantap makanan sebaiknya dilakukan dengan perlahan.
Foto: pexels
Menyantap makanan sebaiknya dilakukan dengan perlahan.

REPUBLIKA.CO.ID, Memilah asupan makanan adalah salah satu cara yang digunakan orang-orang untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh mereka. Tapi tahukah Anda bahwa cara mengonsumsi makanan juga dapat memengaruhi kesehatan tubuh?Makan terlalu cepat, misalnya, dapat menjadi penyebab timbulnya obesitas.

Karena itu, sebagian orang memilih mengonsumsi makanan mereka secara perlahan dan hati-hati. Seperti dilansir situs Safebee, berikut ini empat alasan mengapa Anda perlu makan secara perlahan:

1. Memudahkan untuk berhenti makan  cepat

Ketika tubuh Anda mencerna makanan, di waktu bersamaan tubuh juga melepaskan hormon-hormon yang berfungsi sebagai sinyal untuk memberitahu otak bahwa perut telah puas atau kenyang. Butuh waktu sekitar 20 menit agar sinyal tersebut diterima oleh otak. Karena itu, bila Anda makan terlalu cepat, akan banyak makanan yang Anda timbun sebelum otak memberi isyarat bahwa Anda harus berhenti makan.

 

2. Agar tidak muda tersedak

Tersedak adalah penyebab utama kematian nomor empat yang terjadi secara tidak sengaja. Bila makan terlalu cepat, biasanya makanan yang Anda makan tidak terlumat secara sempurna. Hal itu dapat menyebabkan makanan dengan mudah tersangkut di tenggorokan atau memasuki saluran yang salah, yaitu saluran udara paru-paru di kerongkongan Anda. Selain itu, menelan sejumlah besar makanan juga dapat menyebabkan Anda tersedak.

 

3. Anda akan menghargai makanan dan mengurangi stres

Duduk, ambil waktu untuk bernapas, rileks dan tenangkan tubuh serta pikiran, kemudian makanlah perlahan. Hal itu akan memberi kesempatan pada tubuh Anda untuk merespons sajian dan bau makanan dengan melepaskan cairan pencernaan dan enzim. Menikmati atau menghayati proses makan dapat sangat baik bagi tubuh maupun kehidupan Anda secara pribadi. 

 

4. Terhindar dari masalah sendawa

Ada banyak alasan mengapa seseorang bersendawa. Namun, menurut studi yang dilakukan oleh American College of Gastroenterolog, penyebab utama terjadinya sendawa adalah karena makan atau minum terlalu cepat. 

Ketika Anda terburu-buru saat makan, secara tidak sadar Anda juga menelan udara. Mengunyah dan makan secara perlahan akan membantu mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement