Kamis 07 Jan 2016 09:45 WIB

Beras Hitam, Bahan Pangan Super Bermanfaat Tinggi

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Beras hitam
Foto: organicsfs
Beras hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Beras hitam merupakan salah satu bahan pangan yang dikenal dengan warnanya yang eksotis. Tak hanya itu, makanan ini juga dikatakan memiliki kandungan kesehatan yang tinggi.

Beras hitam diyakini akan menjadi salah satu makanan super terbaru yang dipilih banyak orang di seluruh dunia. Dilansir Times of India, inilah alasannya.

Manfaat kesehatan yang tinggi

Beras hiram merupakan satu-satunya beras yang mengandung antioksidan yang dikenal dengan nama anthocyanin. Biasanya, kandungan ini ditemukan dalam buah-buahan berwarna gela seperti blueberry, anggur hitam, kubis ungu, dan blackberry.

"Beras hitam mengandung antioksidan dengan jumlah yang tinggi, serat, mineral, serta nutrisi anti-inflamasi lainnya. Dengan antioksidan, beras ini bermanfaat melawan kanker dan menjaga kesehatan jantung," ujar ahli gizi Dhvani Shah.

Paling berkualitas diantara beras Lainnya

Beras hitam disebut paling unggul diantara beras lainnya. Tentunya dalam manfaat gizi dan kesehatan, beras ini memiliki semua yang ada di dalam beras putih dan merah Bahkan, memiliki nutrisi mikro yang tak ada pada beras lainnya.

Selain itu, beras hitam menjadi pilihan paling baik bagi orang-orang dengan masalah kesehatan seperti kelebihan berat badan dan diabetes. Hal itu karena indeks glikemik beras hitam adalah 42.

Mengandung rasa pedas yang menyenangkan

Tekstur beras hitam lebih berat dibandingkan beras lainnya. Bahkan, dalam urusan rasa, bahan pangan nan eksotis ini juga cukup berbeda.

Bila beras lainnya cenderung terasa manis atau justru tawar, beras hitam biasanya mengandung rasa pedas. Namun, rasa ini juga dapat menambah kenimatan masakan manis seperti puding beras dan disajikan bersama santan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement