Rabu 06 Jan 2016 18:09 WIB

Selama 2015, Pantai Carocok Paling Favorit Masyarakat

Pantai Carocok, Painan, Sumatera Barat
Foto: Antara
Pantai Carocok, Painan, Sumatera Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN, SUMBAR -- Pengunjung wisata ke berbagai objek wisata di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencapai 2,4 juta orang pada tahun 2015.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan, Gunawan, Rabu, mengatakan dari jumlah itu pengunjung terbanyak terdapat ke Objek Wisata Pantai Carocok Painan yakni sekitar 48 persen.

Khusus Pantai Carocok Painan, objek wisata tersebut selama ini juga telah menjadi andalan kabupaten setempat sebagai pencetak pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Rata-rata pengunjung setiap libur akhir pekan sebanyak 4 ribu - 5 ribu orang per hari.

"Kita terus berupaya meningkatkan kunjungan ke berbagai objek wisata di kabupaten ini. Selain menggencarkan promosi melalui berbagai media massa, kita juga upayakan dengan melengkapi sarana dan prasarana pendukung pariwisata sekitar lokasi, " katanya.

Selain Pantai Carocok Painan, objek wisata lainnya yang ada di Pesisir Selatan seperti Pantai Batu Kalang Tarusan, Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Air Terjun Bayang Sani, Jembatan Akar dan Puncak Langkisau Painan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Pri Nurdin mengatakan, pada objek wisata yang ramai kunjungan, pemkab menempatkan sejumlah petugas keamanan dan Tim Search And Rescue (SAR).

Hal itu sebagai bentuk pelayanan optimal kepada pengunjung sehingga saat terjadi bencana petugas tersebut dapat langsung bergerak memberikan pertolongan untuk upaya penyelamatan bagi pengunjung.

"Kita berharap penempatan petugas ini dapat meminimalisir risiko dari berbagai bencana jika terjadi kepada pengunjung. Penempatan petugas sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kerawanan pada titik-titik tertentu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement