Rabu 06 Jan 2016 14:13 WIB

Jangan Biarkan Daging Terlalu Lama di Luar Kulkas

Rep: c32/ Red: Andi Nur Aminah
 Kategorisasi kualitas daging sapi Australia tidak berdasarkan bukti ilmiah dan tidak relevan lagi.
Foto: abc news
Kategorisasi kualitas daging sapi Australia tidak berdasarkan bukti ilmiah dan tidak relevan lagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang Anda mempunyai rencana memasak bersama di rumah teman. Segala bahan-bahan mentah dibawa termasuk di antaranya daging. Jika menghadapi situasi seperti ini, sebaiknya masukan daging ke dalam pendingin yang teisolasi dengan suhu 40 derajat atau kurang dari itu.

Seperti dilansir Safebee beberapa waktu lalu, daging sapi dan ayam mentah hanya bisa dikeluarkan dalam lemari pendingin ketika ingin langsung dimasak. Sehingga daging tidak aman jika dibiarkan terlalu lama di luar kulkas. 

Deirdre Schlunegger, CEO StopFoodBorneIllness.org, merekomendasikan ketika sudah dimasak harus menjaga suhu pada 140 derajat atau lebih sampai disajikan. Kemudian jika memakan daging tersebut dan masih tersisa simpanlah di kulkas. 

“Dalam cuaca panas 90 derajat atau selebihnya, makanan tidak boleh ditinggalkan lebih dari satu jam," kata Schlunegger. Sebaiknya dinginkan makanan yang tersisa dalam wadah dan buang makanan yang ditinggalkan lebih dari satu jam. 

Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan untuk menghindari makanan sisa yang sudah didiamkan kecuali dipanaskan kembali hingga suhu 165 derajat. CDC mengungkapkan, pemanasan daging sangat penting untuk anak-anak, wanita hamil, orang di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Hal tersebut disebabkan sangat berbahaya jika mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan penyakit langka tetapi fatal atau sering disebut listeriosis. Selain itu, konsumsilah daging sapi atau ayam yang sudah dibeli lalu di simpan di lemari es hanya sampai lima hari setelah pembelian. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement