Senin 04 Jan 2016 09:08 WIB

Malu Punya Selulit? Hindari Makanan ini

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Manis dan bersalut cokelat, sepotong donat ini bisa jadi makanan pemicu munculnya selulit.
Foto: flickr
Manis dan bersalut cokelat, sepotong donat ini bisa jadi makanan pemicu munculnya selulit.

REPUBLIKA.CO.ID, Asupan makanan dapat menjadi faktor kunci untuk menghindari pembentukan selulit. Ada beberapa makanan yang dianggap sebagai penyebab pembentukan selulit.

Selulit muncul seperti guratan-guratan putih pada permukaan kulit, yang juga seringkali tampak seperti tekstur kulit jeruk.

Tak heran bila banyak wanita malu memiliki selulit pada kulitnya. Apalagi wanita yang biasanya mengenaan celana pendek atau rok mini. Alhasil, wanita harus sudah mulai memerhatikan kebiasaan makanan sehat untuk menghilangkan maupun mencegah selulit. Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan selulit, dilansir dari laman Boldsky.

Makanan asin

Hindari menambahkan terlalu banyak garam dalam masakan Anda. Juga, hindari makanan kaleng dan olahan yang mengandung banyak garam. Garam dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh dan ini adalah salah satu penyebab umum pembentukan selulit. Inilah sebabnya mengapa garam termasuk ke dalam daftar makanan yang menyebabkan selulit.

Makanan berlemak

Alasan utama untuk pembentukan selulit adalah makanan berlemak. Maka, pilihan terbaik untuk menghindari terbentuknya selulit adalah mengontrol asupan makanan berlemak. Lemak sangat penting untuk pertumbuhan tubuh yang normal, tetapi lemak berlebihan tetap tidak bagus. Deposisi lemak ekstra akan berubah menjadi selulit, tergantung pada berbagai faktor pemicu lainnya.

Makanan bergula

Gula boleh dibilang ibarat merupakan pembunuh berdarah dingin. Menambahkan terlalu banyak gula untuk hidangan, mungkin dapat membuat makanan menjadi lebih lezat. Tapi, ingat bahwa Anda justru sedang membahayakan tubuh Anda. Gula dapat meningkatkan pembentukan insulin, yang dapat merangsang pembentukan jaringan adiposa berlebih.

Alkohol

Jika Anda mendambakan tubuh yang sehat dan indah, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol. Alkohol adalah salah satu di antara makanan yang menyebabkan selulit karena dapat meningkatkan kalori.

Makanan olahan

Makanan olahan yang diberi komposisi banyak penambah rasa, pengawet dan zat aditif lainnya dapat menyebabkan selulit. Bahan-bahan yang ditambahkan ke makanan olahan dapat membuatnya lebih lezat dan menarik secara visual. Namun, jika Anda perhatian pada kecantikan dan kesehatan, lebih baik menghindari makanan olahan.

Cokelat

Terlalu banyak mengonsumsi cokelat, biskuit dan kue dapat menyebabkan selulit. Hal ini disebabkan kadar gula tinggi yang ada dalam daftar makanan ini. Gula akan mengikat protein, sehingga kurang efisien dalam melakukan tugasnya. Hal ini dapat menyebabkan radang dan bahkan dapat menyebabkan peredaran daerah tidak lancar, sehingga menyebabkan selulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement