Ahad 03 Jan 2016 09:45 WIB

Resolusi Keuangan yang Wajib Anda Buat (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Menabung merupakan resolusi keuangan yang perlu Anda lakukan di 2016
Foto: Google
Menabung merupakan resolusi keuangan yang perlu Anda lakukan di 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika membuat resolusi tahun baru, Anda memiliki niat baik untuk menaatinya. Sayangnya, resolusi yang Anda bisanya tidak bertahan lama.

Namun jika hal itu menyangkut keuangan Anda, perlu membuat beberapa resolusi yang mampu bertahan lama yang akan memberikan manfaat baik.

Ini adalah beberapa resolusi keuangan supaya yang harus Anda buat dan jaga sepanjang hidup Anda.

Atur bujet

Bagaimana bisa Anda membuat resolusi tentang uang jika tidak mengetahui seberapa banyak menghabiskannya? Atur bujet berdasarkan pendapatan dan pengeluaran dan menaatinnya. Gunakan sebuah spreadsheet atau aplikasi.

Bayar tagihan tepat waktu

Satu resolusi yang harus Anda buat adalah selalu membayar tagihan tepat waktu. Menjadi pembayar tagihan yang telat terus menerus dapat menjadikanya mahal. Anda mungkin harus membayar biaya pinalti, yang ditambahkan karena membayar tagihan lewat waktunya. Jika membayar sewa atau gadai terlambat maka dapat mempengaruhi penilaian kredit Anda. Pastikan bahwa Anda meletakkan uang disamping tagihan sebelum membuat pembelian sembarangan.

Hindari utang

Mungkin sulit menghindari hutang disaat Anda membutuhkan mobil untuk bekerja, juga membutuhkan rumah. Tapi jarang sekali orang yang membayarnya dengan tunai. Tapi secara umum menghindari hutang kapanpun jika memungkinkan perlu dilakukan.

Tingkatkan tabungan Anda

Selain menghindari hutang, satu resolusi keuangan yang juga tak kalah penting adalah Anda harus dengan pasti membuat rencana menabung rutin jika belum punya tabungan. Tapi jika sudah punya tabungan, sebaiknya tingkatkan tabungan Anda. Pikirkan sebagai bayaran untuk diri Anda sndiri dan sebuah investasi untuk masa depan. Kemudian letakkan sebanyak mungkin uang yang bisa Anda tabung. Ini adalah bijaksana untuk banyak alasan. Ini akan membantu melindungi Anda jika kehilangan pekerjaan. Yang berarti bahwa Anda memiliki simpanan untuk keadaan darurat atau untuk apapun yang sangat ingin Anda beli.

Bersambung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement