Kamis 31 Dec 2015 10:10 WIB

Perhatikan! Ini Nasihat Orang Tua yang Selalu Benar

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Orang tua nasehati anak (Ilustrasi)
Foto: Google
Orang tua nasehati anak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak anak menganggap nasihat-nasihat orang tuanya klise dan klasik. Beberapa dari mereka bahkan menutup mata saat ibunya menyampaikan pesan sederhana dan bijaksana.

Ternyata banyak dari nasihat ibu dan ayah yang benar, meski pesan itu mereka sampaikan hanya bergumam dan tanpa ekspresi.

Berikut adalah 12 nasihat orang tua yang tak bisa Anda bantah kebenarannya, dilansir dari Livestrong, belum lama ini.

Jangan mudah panik

Ketika Anda mudah panik untuk hal-halkecil, maka hormon stres Anda terus meningkat. Anda harus berlatih untuk menghindari stres, misalnya jalan-jalan, naik turun tangga beberapa menit, melakukan jumping jacks, atau makan makanan pengurang stres. Jika perlu, Anda bisa melakukan meditasi dan yoga.

Disiplin waktu

Psikolog Dan Ariely mengatakan disiplin waktu akan memperbaiki masalah-masalah kecil dalam kehidupan. Hidup lebih teratur secara emosional dan finansial. Peneliti percaya bahwa menunda pekerjaan hanya merusak jadwal lainnya. Anda harus berani tawar menawar dengan diri sendiri dan menyelesaikan tugas tepat waktu.

Jangan jahat jika tak ingin dijahati orang lain

Perbuatan jahat akan kembali kepada orang pertama. Oleh sebabnya Anda harus menimbang segala konsekuensi, baik dan buruk keputusan Anda. Tindakan yang terkontrol dan tetap tenang akan menghindari Anda dari segala ketakutan.

Hormati yang lebih tua

Menghormati orang yang lebih tua adalah satu kewajiban. Tak hanya meningkatkan amalan baik, perilaku menghormati orang yang lebih tua menghindarkan diri dari sifat impulsif dan egois berlebihan. Ini tentunya meningkatkan kesuksesan jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement