Kamis 31 Dec 2015 07:44 WIB

Meski Klasik, Nasihat Orang Tua Ini Selalu Benar, Lho

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Orang tua menasehati anak
Foto: Google
Orang tua menasehati anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak anak menganggap nasihat-nasihat orang tuanya klise dan klasik. Beberapa dari mereka bahkan menutup mata saat ibunya menyampaikan pesan sederhana dan bijaksana.

Ternyata banyak dari nasihat ibu dan ayah yang benar, meski pesan itu mereka sampaikan hanya bergumam dan tanpa ekspresi.

Berikut adalah 12 nasihat orang tua yang tak bisa Anda bantah kebenarannya, dilansir dari Livestrong, belum lama ini.

Memelihara kesabaran

Penelitian Ayelet Fishbach dan Xianchi Dai menunjukkan bahwa berlatih sabar sejak muda membuat seseorang sukses dimasa depan. Jik Anda tak sabar, Anda bisa berlatih lewat cara-cara sederhana, misalnya menunggu atasan membuat keputusan. Praktik diri untuk tetap tenang misalnya dengan mencari hiburan sembari menunggu antrean.

Selalu bersyukur

Selalu bersyukur seperti yang dipesankan ibu membuat seseorang lebih bahagia. Ini pada akhirnya memperkuat fungsi jantung, meningkatkan neurotransmitter yang merangsang pemikiran positif, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin. Ini juga mengurangi depresi yang berhubungan dengan stres.

Kita hidup di dunia yang penuh dengan bombardir pesan dan nasihat. Kita sering beranggapan bekerja lebih banyak untuk mendapatkan rezeki lebih banyak. Padahal, bersyukur dengan apa yang Anda nikmati hari ini akan membuat hidup lebih bahagia.

Cuci tangan sebelum makan

Studi di Michigan State University melibatkan 3.749 responden yang disurvei tentang kebiasaan mencuci tangan mereka di toilet umum. Mereka menemukan hanya lima persen responden serius mencuci tangannya untuk membunuh kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Satu dari tiga orang bahkan memutuskan tak perlu mencuci tangan sama sekali di toilet.

Centers for Disease Control menyarankan cuci tangan yang bersih itu adalah 20 detik. Telapak dan punggung tangan digosok bergantian menggunakan air mengalir. Cuci tangan dengan benar menghambat penyebaran flu, demam, dan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Tidur siang meski sebentar

Saat kecil orang tua sering menyarankan anak-anaknya untuk tidur siang. Anak-anak ketika beranjak dewasa sering mengabaikan nasihat tersebut. Tahukah Anda? Tokoh-tokoh terkenal dan sukses, seperti Winston Churchill, Napoleon Bonaparte, John F Kennedy dan Thomas Edison adalah sosok yang tak pernah lupa tidur siang.

Tidur siang menyimpan kekuatan untuk mengubah hidup Anda.

Tidur siang baik untuk tubuh, pikiran, dan suasana hati. Ketika Anda tidur siang 10-20 menit sehari, memori akan meningkat, mudah memecahkan masalah, berpikiran lebih logis, persepsi positif, dan lebih konsentrasi. Tidur siang juga menormalkan tekanan darah, mengurangi stres dan baik untuk jantung. Jadi, cobalah kembali aktivitas tidur siang ini meski sesaat saja di tempat kerja Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement