Selasa 29 Dec 2015 09:51 WIB

15 Tradisi Minum Teh dari Seluruh Dunia (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Teh merupakan minuman yang kaya oksalat, konsumsi es teh pun harus dibatasi demi kesehatan.
Foto: pixabay
Teh merupakan minuman yang kaya oksalat, konsumsi es teh pun harus dibatasi demi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Minum teh adalah tradisi masyarakat kuno 2737 SM. Kaisar Cina, Shennong menurut legendanya memasukkan dedaunan kering ke cangkir air panasnya.

Sejak itu tradisi minum teh menyebar ke seluruh dunia. Resep dan tata cara minum teh di setiap negara juga berbeda. ROLers, berikut adalah 15 cara menikmati secangkir teh dari berbagai negara di dunia, dilansir dari Mental Floss, Selasa (29/12). (Baca sebelumnya: 15 Tradisi Minum Teh dari Seluruh Dunia (1) )

6. Cina

Upacara minum teh di Cina dikenal dengan sebutan Gongfu Tea. Tradisi minum teh di negara ini sangat rinci, terlihat dari desain cangkir dan wadah tehnya. Ritual minum teh di Cina biasanya menggunakan tureen, saringan teh, penjepit, sapu tangan untuk teh, hingga nampan kecil khusus untuk menikmati aroma teh yang sangat kuat.

Para tamu diundang untuk mencium dulu aroma teh di cangkirkan. Teh idealnya dituang di dalam cangkir berbentuk lingkaran, diminum dengan posisi leher sedikit mendongak ke atas, dan meminumnya dalam satu tegukan.

7. Thailand

Saat perang saudara di Cina berakhir pada 1949, sebagian pengungsi melarikan diri ke Thailand. Mereka membawa unsur-unsur kebudayaan Cina, termasuk tradisi teh.

Budaya minum teh di Thailand terbilang unik dimana teh berevolusi menjadi warna kuning. Teh Thailand ini rasanya manis pedas disebut cha yen, campuran dari cyelon dengan gula, susu kental, dan rempah-rempah, seperti adas, asam, dan orange blossom. Teh ini disajikan di dalam gelas tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement