Senin 28 Dec 2015 20:44 WIB

Gaungkan Wonderful Indonesia di Dunia, Kemenpar Lanjutkan Kerjasama dengan Google

Sergey Brin bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat melakukan jumpa pers kerjasama Google dengan Kemenpar guna mempromosikan Wonderful Indonesia di dunia
Foto: Dok: Puskompublik Kemenpar
Sergey Brin bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya saat melakukan jumpa pers kerjasama Google dengan Kemenpar guna mempromosikan Wonderful Indonesia di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Demi tercapainya 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga tahun 2019, Kementerian Pariwisata (kemenpar) melakukan kerjasama melalui publikasi dan promosi Wonderful Indonesia di media online internasional, Google.

Kerjasama yang telah dilakukan di tahun 2015 tersebut akan dilanjutkan di tahun 2016 mendatang. Menteri Pariwisata (menpar) Arief Yahya mengatakan, di tahun 2015, kerjasama Kementerian Pariwisata dengan Google dilakukan di 5 pasar utama Indonesia, yaitu Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, dan Hongkong termasuk Cina (khusus untuk kerjasama Google Display Network) dan dilakukan di berbagai produk yang dimiliki Google antara lain: Google Search, Google Display Network, dan Youtube (Masthead, Preroll, dan Truview).

Kerjasama juga dilakukan melalui Youtube Content Creator (video blogger yang memiliki subscriber tinggi di channel Youtube mereka) asal Singapura, Malaysia, dan Jepang.

"Melalui kerjasama ini, angka yang dihasilkan cukup signifikan khususnya dalam hal kenaikan traffic ke website pariwisata Indonesia www.indonesia.travel. Jumlah traffic dari 5 target pasar utama tersebut ke www.indonesia.travel mengalami kenaikan rata-rata daily traffic sebesar 614 persen periode 1 Juni-14 Desember 2015," kata Menpar Arief Yahya didampingi oleh Co-Founder Google, Sergey Brin, saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Senin (28/12).

 

Di tahun 2016, ditambahkan oleh Menpar Arief, Kementerian Pariwisata berencana untuk melanjutkan kerjasama tersebut dengan menambah ke beberapa negara.

"Korea Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Tujuannya agar Wonderful Indonesia semakin dikenal tidak hanya di lingkup Asia Pasifik tetapi juga di Eropa dan Amerika," tambah dia.

Google sendiri merupakan situs pencari (search engine) terbesar di dunia dan diakses sebanyak 1 Miliar per bulan dalam 61 bahasa. Menurut data dari Alexa.com, Mesin Pencari Internasional ini berada dalam peringkat 1 (satu) secara global dan Amerika Serikat.

Produk layanan Google antara lain Google Search, Google Display Network, Youtube, Google+, Google Hangouts, dan lain-lain. Salah satu produk Google yang ternama yaitu Youtube. Youtube merupakan website berbagi video yang berkantor pusat di San Bruno, California, Amerika Serikat. Youtube memiliki lebih dari 1 milyar pengguna dan setiap hari orang-orang di dunia menonton video-video pada Youtube selama ratusan juta jam dan menghasilkan milyaran views.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement