Kamis 24 Dec 2015 06:01 WIB

Tak Cuma Bogor, Tangerang Juga Punya Laksa

Laksa Tangerang
Foto: Republika/Hazliansyah
Laksa Tangerang

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Laksa selama ini dikenal sebagai makanan khas Bogor atau Betawi. Namun tidak jauh dari Jakarta, Kota Tangerang juga punya Laksa khas.

Seperti apa bedanya?

Jika sedang bertandang ke Kota Tangerang, Anda bisa melipir ke kawasan khusus Laksa Tangerang. Lokasinya ada di Jalan M.Yamin no.4, tidak jauh dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita Tangerang.

Di sini terdapat delapan penjaja Laksa Tangerang yang sebelumnya berjualan atau mangkal di sejumlah lokasi. Namun oleh Pemkot setempat difasilitasi lokasi khusus.

Atin, salah seorang penjual laksa mengatakan, tempat tersebut disediakan sejak 2010 silam.

"Saya sendiri biasa jualan di pinggir jalan, terus diajak untuk isi tempat di sini. Tentunya lebih enak di sini," kata dia, Selasa (22/12).

Ia mengatakan, laksa Tangerang memiliki sejumlah perbedaan. Pertama dari bahan dasar mi yang disajikan. Jika laksa bogor atau betawi menggunakan mi kuning, laksa Tangerang menggunakan mi berwarna putih. Bahan utamanya diambil dari beras yang diolah sendiri.

"Jadi mi kita ini buat sendiri. Dari beras pera yang diolah sendiri," kata pria yang telah berjualan sejak 15 tahun silam.

Perbedaan lainnya adalah laksa Tangerang tidak menggunakan ketupat. Sebagai gantinya, kuah kuning yang jadi unsur utama lainnya dikombinasikan dengan kacang hijau dan potongan kentang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement