Rabu 23 Dec 2015 19:40 WIB

Pengamanan Borobudur Ditingkatkan pada Liburan Akhir Tahun

Candi Borobudur
Foto: Antara/Anis Efizudin
Candi Borobudur

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Jumlah personel pengamanan objek wisata Candi Borobudur ditingkatkan selama masa liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 yang bersamaan dengan libur sekolah.

Wakapolres Magelang Kompol Purwanto di Magelang, Rabu mengatakan, selama masa liburan, Polres Magelang menempatkan 40 personel di lingkungan Taman Wisata Candi Borobudur.

Ia mengatakan hal tersebut usai menjadi inspektur upacara pada Gelar Pasukan dalam rangka "Operasi Lilin Candi 2015" di Halaman Mapolres Magelang. Selain itu, kata Purwanto di Pospam Borobudur yang berada di luar candi disiapkan 15 personel.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi pengunjung yang akan menikmati liburan di candi Buddha terbesar di dunia tersebut," ucapnya.

Menyinggung pengamanan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, dia mengatakan Polres Magelang menerjunkan 645 personel. Ia mengatakan khusus untuk misa Natal, Polres Magelang menerjunkan personel di 105 gereja maupun tempat lain yang digunakan untuk perayaan Natal.

Menurut dia dua jam sebelum dilakukan perayaan Natal, dilakukan pemeriksaan yang dilakukan petugas.

"Jika sudah dinyatakan aman, kami nantinya baru menyampaikan kepada pengelola gereja dan meminta umat untuk masuk gereja. Kegiatan ini, kami bekerja sama dengan pengurus maupun remaja gereja," tutur Wakapolres Magelang Kompol Purwanto. Ia menyebutkan Operasi Lilin Candi 2015 berlangsung selama 10 hari pada 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement