Rabu 23 Dec 2015 18:18 WIB

Anak Stres karena Pesawat Delay? Tips Cerdas untuk Ibu di Bandara

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Mengajak anak bermain dapat hilangkan stress penundaan penerbangan
Foto: Flight
Mengajak anak bermain dapat hilangkan stress penundaan penerbangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda berlibur ke luar kota atau ke luar negeri bersama keluarga akan sulit rasanya mengatasi masalah penundaan penerbangan alias delay.

Anak-anak mudah bosan menunggu di bandara berjam-jam. Mereka tak jarang stres dan memicu masalah baru untuk orang tua, khususnya ibu.

Ibu yang cerdas perlu mengantisipasi kemungkinan perubahaan jam penerbangan di bandara. Berikut adalah beberapa top tips untuk menyiasati suasana yang membosankan untuk anak di bandara, dilansir dari Mother and Baby UK, belum lama ini.

On booking

Pastikan Anda memberikan nomor ponsel yang relevan kepada maskapai dan mengupload aplikasi maskapai (jika mereka punya). Dengan begitu, pihak maskapai bisa mengirim pemberitahuan tentang penundaan atau pembatalan pesawat lebih cepat.

Buat persiapan

Tidak ada yang suka delay pesawat, namun kemungkinannya selalu ada. Anda harus mempersiapkan diri jika itu terjadi. Siapkan satu tas khusus berisi makanan atau minuman anak. Unduh aplikasi hiburan seperti games di ponsel atau film-film kartun yang bisa ditonton anak di iPad atau tablet Anda. Siapkan semuanya sebelum Anda meninggalkan rumah.

Cari informasi

Periksa ramalan cuaca, berbagai berita atau status maskapai penerbangan yang Anda pesan di Facebook atau Twitter. Anda akan mengetahui informasi lebih cepat, misalnya jika cuaca kurang mendukung penerbangan atau ada musibah erupsi gunung berapi yang menghambat penerbangan. Ini juga membuat orang tua bisa lebih gesit mengelola waktu.

Tetap tenang

Jika delay diumumkan, usahakan tetap tenang. Anak-anak sangat sensitif dengan kecemasan orang tua mereka. Katakan pada buah hati Anda bahwa pesawat ditunda dan mereka harus menunggu sementara waktu. Keluarga bisa mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan.

Area bermain

Ada bandara yang memang menyediakan area khusus bermain anak. Jika Anda menemukannya, ajaklah putra putri Anda ke sana. Dengan demikian mereka bisa tetap terhibur, seperti mewarnai, bermain seluncuran, dan segudang permainan lain.

Tidur

Jika memungkinka, bujuklah balita Anda untuk tidur. Gunakan pashmina atau syal untuk memeluk mereka jika diperlukan. Anda juga bisa menggunakan jumper hangat atau jaket untuk memeluk di lounge terminal keberangkatan yang cenderung dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement