Selasa 22 Dec 2015 15:00 WIB

Disbudpar Ternate Siapkan Fasilitas Sambut Kunjungan Wisatawan di Maret 2016

Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Ternate, Maluku Utara, akan menyiapkan pelbagai fasilitas untuk menyambut kunjungan wisatawan ke Ternate pada Maret 2016.

Kepala Disbudpar kota Ternate, Anas Konoras di Ternate, Selasa, mengatakan sebanyak 2.600 orang wisatawan asing dari pelbagai negara akan berkunjung di daerah ini guna menyaksikan peristiwa alam yaitu terjadi gerhana matahari yang terjadi pada Maret 2016.

Ribuan wisatawan akan berkunjung ke Ternate, maka masalah dihadapi adalah ketersediaan hotel, sebab dari data yang diinventarisasi saat ini sudah 2.600 wisatawan asing akan berkunjung di kota Ternate, dalam rangka menyaksikan gerhana matahari pada 2016.

Sedangkan, rasio ketersediaan hotel di kota Ternate hanya 1.500 kama, ketersediaan hotel relatif kecil dibandingkan dengan wisatawan yang berkunjung ke kota Ternate. Namun, setelah kita mengecek ternyata sebagian wisatawan akan terdistribusi di kabupaten/kota di Maluku Utara.

"Tentunya indikasi yang menunjukan kepada kita bahwa 1.500 kamar sudah terjual. Kemungkinan terjadi lonjakan, karena fluktuatif angka kujungan wisatawan ini," katanya.

Pihaknya akan melakukan penyiapan rumh tinggal yang dimiliki masyarakat kota Ternate untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung yang nantinya mereka akan menetap di Ternate.

Dengan ada kunjungan ribuan wisatawan asing dari berbagai negara ini, kata Anas, secara nyata meih dari 3.000 wisatawan asing berkunjung ke Ternate. Apalagi, keberadaan wisatawan ini juga memberikan implikasi terhadap permintaan barang maupun jasa yang menjadi kebutuhan mereka, maka, maka otomatis dampak ganda dirasakan masyarakat setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement