Selasa 22 Dec 2015 05:19 WIB

Ingin Backpacker ke Eropa? Ini Dana Yang Dibutuhkan

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Traveler perempuan
Foto: Republika/Prayogi
Traveler perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Travel writer Claudia Kaunang mengatakan perjalanan liburan ke berbagai kota atau negara sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, dan tak harus menunggu untuk memiliki banyak uang dahulu. Untuk melakukan perjalanan dengan backpacker ke Eropa misalnya, Claudia mengungkap tidak begitu banyak uang yang diperlukan untuk perjalanan selama delapan hari.

"500 euro (sekitar Rp 7,5 juta) sudah lebih dari cukup untuk (backpacking) ke Eropa dan sudah bawa oleh-oleh makanan," ungkap Claudia saat ditemui di Gramedia Matraman pada Sabtu (19/12). (Baca: Traveler, Ini Tips Memilih Oleh-Oleh Liburan Agar tak Memberatkan)

Claudia mengatakan dana sebesar Rp 7,5 juta itu cukup untuk melakukan traveling di Eropa selama delapan hari. Untuk membuat dana tersebut cukup untuk kebutuhan perjalanan dan membeli oleh-oleh, ada beberapa trik yang harus dilakukan oleh para traveler.

Salah satu tips yang perlu dilakukan oleh traveler dengan dana Rp 7,5 juta di Eropa ialah dengan tinggal di penginapan murah dan mengkonsumsi makanan lokal. Selain itu, selama menjelajah, traveler bisa menggunakan moda transportasi umum seperti kereta. Dengan menerapkan trik tersebut, Claudia mengatakan traveler bisa memiliki dana lebih untuk membeli oleh-oleh seperti makanan lokal.

"Kuncinya, hostel, kereta, makanan lokal," tambah Claudia.

Jika traveler memiliki waktu sekitar delapan hari untuk menjelajah Eropa, Claudia menyarankan agar traveler mengunjungi segitiga emas Eropa, yaitu Belanda, Belgia dan Prancis. Jika traveler memiliki waktu sekitar 10 hari unuk menjelajah, maka Claudia menyarankan agar rute segitiga emas tersebut ditambah dengan mengunjungi Spanyol atau Swiss.

"Di Eropa idealnya delapan hari," terang Claudia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement