Senin 21 Dec 2015 07:45 WIB

Inuka, Beruang Kutub 'Singapore Zoo' Ulang Tahun ke-25

Inuka, Beruang Kutub di Singapore Zoo yang memasuki usia 25 tahun pada tahun ini
Foto: ist
Inuka, Beruang Kutub di Singapore Zoo yang memasuki usia 25 tahun pada tahun ini

REPUBLIKA.CO.ID, Inuka, beruang kutub yang lahir di daerah tropis dan menempati Kebun Binatang Singapura (Singapore Zoo) akan memperingati usianya yang ke-25 pada tahun ini. Sejumlah acara menarik telah disiapkan.

Salah satunya pameran foto bertajuk "Our Arctic Future (Masa Depan Kutub Utara Kita)" selama 10 hari sejak Rabu 16 Desember lalu. Duta Besar Denmark untuk Singapura, Berit Dasse membuka secara resmi pameran di kawasan Frozen Tundra, Kebun Binatang Singapura.

Pameran foto "Our Arctic Future" mengemukakan pentingnya kelestarian dan hubungan yang terus berkembang di antara manusia dan kutub utara. Pameran ini dibuat oleh Natural History Museum of Denmark, yang bekerja sama dengan Pemerintah Greenland dan Kepulauan Faroe untuk Kementerian Luar Negeri Denmark.

“SPH dan SPH Foundation telah mengadopsi Inuka sejak kelahirannya 25 tahun yang lalu. Kami sangat berbahagia melihat dia tumbuh, baik dalam ukuran tubuh maupun popularitas. Kami mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada Inuka dan berharap dia akan mendatangkan kebahagiaan selama tahun-tahun mendatang," ujar Alan Chan, CEO Singapore Press Holdings dan Direktur SPH Foundation dalam keterangan terulis, Senin (21/12).

Selama pesta yang berlangsung 10 hari, para pengunjung Kebun Binatang Singapura dapat menyaksikan Inuka menikmati hadiah-hadiahnya setiap siang pada jam 01.20 waktu setempat, serta mengetahui lebih banyak tentang pemandangan Kutub Utara yang memesona melalui pameran foto Our Arctic Future di kawasan Frozen Tundra.

Khalayak ramai juga dapat mengikuti perayaan selama 10 hari ini melalui akun Facebook, Instagram dan Twitter Wildlife Reserves Singapore.

Saat ini Inuka memiliki panjang badan 2,5 meter dengan berat mencapai 581 kilogram. Di usia 25 tahun ini Inuka sudah termasuk beruang kutub yang lanjut usia. Pemeriksaan terakhir pada bulan Juli lalu menunjukkan gejala-gejala terkait usia seperti artritis dan masalah gigi yang dipantau oleh tim dokter hewan Kebun Binatang Singapura.

"Inuka, beruang kutub yang lahir dan besar di Singapura genap berusia 25 tahun. Dia memasuki usia lanjut dan kami akan menyesuaikan perawatannya untuk memastikan bahwa dia akan terus menikmati hidup berkualitas bersama kami di Kebun Binatang Singapura. Kami sangat berbahagia dapat merayakan ulang tahunnya dengan pameran foto Our Arctic Future yang hebat,” ujar Mike Barclay, CEO Wildlife Reserves Singapore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement