Jumat 18 Dec 2015 16:14 WIB

Jepang Aktif Benahi Wisata Halal Bagi Turis Muslim

Turis menikmati cantiknya bunga sakura yang mekar di sekitar Tokyo, Jepang.
Foto: EPA
Turis menikmati cantiknya bunga sakura yang mekar di sekitar Tokyo, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, Pemerintah Jepang tampaknya semakin memberikan perhatian khusus bagi para wisatawan Muslim yang bertandang ke negaranya. Bagaimana tidak, Indonesia saja, sebagai salah satu negara muslim yang menyumbangkan angka wisatawan paling tinggi ke Jepang, mampu mencatat sebanyak 160.000 kunjungan pada akhir tahun 2014.

Data yang diperoleh dari Japan National Tourism Organisation (JNTO) ini pun mencatat kenaikan signifikan  terhitung sejak Februari 2014, sebanyak 24 persen pada bulan Februari 2015. Angka naik setelah pemberlakukan e-passport  yang memudahkan wisatawan melancong ke Negeri Matahari itu.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang profesor asal Waseda University pun menunjukkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang angka terbesar bagi komunitas Muslim di Jepang yakni sebanyak 21 persen, disusul oleh Timur Tengah dan Malaysia.

Gemuknya angka kunjungan wisatawan Muslim ke Jepang ini tak lantas membuat Pemerintah Jepang hanya berdiam diri menikmati devisa  yang diterima. Jepang terus aktif melakukan pembenahan layanan agar para wisatawan Indonesia dan Wisatawan dari negara-negara Muslim lainnya merasa nyaman berkunjung.

Jepang sebagai negara yang mayoritas warganya beragama Shinto, bahkan memiliki perhatian khusus terhadap ketersediaan makanan halal yang dijajakan di negaranya. Jepang menyediakan sertifikasi produk makanan dibawah pengawasan Nippon Asia Halal Association (NAHA).

(baca: Cantiknya Ine Bay, Venesia Ala Kyoto Jepang)

Untuk mendukung perkembangan kunjungan wisatawan asing ke Jepang, khususnya Kyushu, sejumlah wisatawan Indonesia pun diundang oleh Pemerintah Jepang untuk berkunjung menikmati budaya dan makanan khas Jepang di Kyushu. Di akhir rangkaian acara yang disponsori oleh Fukuoka Financial Group ini, para wisatawan pun akan berkesempatan melakukan pertemuan langsung dengan pemerintah Fukuoka untuk memberikan masukan yang dapat diaplikasikan bagi pengembangan.

Salah satu Direksi PT Fortune Indonesia Tbk. Indira Abidin sebagai perwakilan Travindo Travel & Tours, salah satu unit usaha Fortune, turut serta sebagai salah satu wisatawan Indonesia yang hadir dalam kunjungan tersebut.

“Kesempatan memberikan masukan mengenai fasilitas halal ini adalah awal yang sangat baik. Masih banyak potensi wisatawan Indonesia, terutama apabila Jepang serius melayani kebutuhan wisatawan Muslim sebagai mayoritas Penduduk Indonesia. Para gubernur dan wali kota yang telah menyambut kami menunjukkan keseriusan tersebut. Semoga masukan-masukan kami dapat benar-benar mendukung berkembangnya wisata halal di Jepang”, ujar Indira, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement