Jumat 18 Dec 2015 14:20 WIB

Yuda Bustara Bagi Resep Nasi Burger yang Mudah dan Enak

Rep: C01/ Red: Indira Rezkisari
Yuda Bustara
Foto: dok Philip's
Yuda Bustara

REPUBLIKA.CO.ID, Memasak bersama anak akan memperkuat hubungan antara orang tua dan anak sekaligus memberi edukasi pada anak mengenai makanan sehat. Koki muda berbakat Yuda Bustara pun berbagi tips memasak menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak.

Salah satu resep yang direkomendasikn oleh Yuda untuk momentum memasak bersama antara orang tua dan anak ialah resep burger nasi. Menurut dua, memasak burger nasi dapat mendorong anak untuk lebih merangsang syaraf motorik anak melalui gerakan membentuk nasi burger.

"Karena ada membentuk-bentuknya, tekan-tekannya. Itu yang paling menarik untuk anak-anak," ujar Yuda kepada Republika.co.id usai melakukan demo masak pada Philips Mother's Day Cooking Class di Hotel Pullman.

Selain itu, Yuda juga menilai waktu yang diluangkan orang tua bersama anak untuk memasak dapat mempererat hubungan yang terjalin di antara keduanya. Memasak dengan melibatkan anak juga dapat membuat anak lebih memahami makanan apa yang baik untuk tubuh dan bagaimana cara mengolahnya. Ketika anak mengetahui cara memasak yang tepat dan makanan yang sehat, anak akan terdorong untuk menghindari makanan yang kurang baik.

"Biasanya akan jadi malas jajan karena sudah belajar di rumah. Sekali pun jajan, dia jajannya bersih."

Mengingat banyaknya manfaat memasak bersama anak, ia tak ketinggalan berbagi resep burger nasi yang tak hanya sehat tetapi juga lezat dan mudah dilakukan bersama anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mudah didapatkan.

Orang tua dan anak juga biza memilih sendiri jenis saus yang ingin digunakan sebagai pelengkap burger nasi. Berikut ini ialah resep burger nasi sehat dan lezat ala Chef Yuda yang patut Anda praktikkan bersama buah hati.

Bahan yang diperlukan:

Untuk Burger Nasi:

2 gelas takar beras

Minyak

Untuk Topping:

2 selada

2 lembar keju

2 tomat

2 timun

1 botol saus tomat

1 botol saus mustard

1 botol saus BBQ

Untuk Daging Burger:

500 gr daging cincang

Garam  dan merica secukupnya

Mentega secukupnya

Cara Memasak:

Masak nasi hingga matang.

Campurkan daging dan garam merica secukupnya, bentuk bulat dan sisihkan.

Masak daging di atas pemanggang dengan menggunakan sedikit mentega, masak hingga matang sempurna.

Ambil 2 genggam nasi dan pipihkan, lalu masak dua nasi pipih tadi sebentar di atas pemanggang hingga agak kecokelatan, lakukan dengan hati-hati karena nasi mudah hancur.

Oles nasi dengan saus favorit Anda.

Letakkan daging di atas nasi beri topping favorit lalu tutup dengan nasi pipih satunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement