Kamis 10 Dec 2015 00:05 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Wajah

Mencuci wajah (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Mencuci wajah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga kesehatan kulit wajah penting dilakukan bagi setiap orang. Anda pastinya rutin membersihkan wajah dengan mencucinya setiap selesai melakukan aktifitas di luar ruangan.

Akan tetapi, tanpa disadari, ada hal yang sebenarnya membuat kulit semakin bermasalah meski sudah sering dibersihkan dengan air maupun pembersih sekalipun. Dilansir dari laman Health Kamis (10/12) berikut beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan saat membersihkan wajah.

Berlebihan

Membersihkan bagian tubuh, atau wajah sekalipun dianjurkan paling banyak adalah dua kali dalam sehari. Waktu terbaik adalah pada pagi hari saat bangun tidur atau sebelum tidur malam. Tidak ada salahnya membersihkan wajah dengan air lebih dari dua kali, namun ingat, penggunaan sabun pembersih tidak boleh melebihi batas waktu yang dianjurkan yaitu dua kali sehari karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.

Menggosok terlalu keras

Jangan menggosok kulit wajah terlalu keras. Waktu paling ideal adalah dua menit untuk menggosok wajah sebelum membilas sabun dengan air. Kalau terlalu keras juga akan merusak lapisan kulit paling luar.

Salah pakai pembersih

Lebih baik Anda memilih menggunakan pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jika memiliki kulit yang sensitif, Anda menggunakan cleanser bukan sabun dengan scrub.

Lap kurang bersih

Menggunakan handuk atau lap kotor hanya akan memindahkan bakteri ke wajah. Pastikan ganti handuk wajah sehari setelah digunakan. Atau jika tidak ada handuk, gunakan tisu wajah dengan menempelkannya, bukan dengan memoleskannya ke wajah untuk menjaga lapisan kulit luar tidak mengelupas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement