Senin 07 Dec 2015 15:00 WIB

Saudi Akan Bangun Jeddah Tower, Lebihi Tinggi Burj Khalifa

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Jeddah Tower rencananya akan menjulang hingga 1 km dari permukaan tanah.
Foto: ist
Jeddah Tower rencananya akan menjulang hingga 1 km dari permukaan tanah.

REPUBLIKA.CO.ID, Gedung tertinggi di dunia, yang juga memegang rekor Guinness (Guinness World Record), masih digenggam oleh gedung ikon negara Dubai, yakni Burj Khalifa. Gedung ini memiliki tinggi sekitar 2.176 kaki atau sekitar 827 meter menjulang ke langit.

Namun, sepertinya rekor itu akan dipecahkan oleh Arab Saudi. Arab telah merencanakan pembangunan proyek Jeddah Tower. Gedung ini nantinya akan dibangun setinggi 3280 kaki atau sekitar satu kilometer.

Siaran pers pemerintah Arab Saudi pada Ahad (6/12) mengatakan Perusahaan Ekonomi Jeddah dan Alinma Investasi Arab Saudi telah menandatangani kesepakatan pembiayaan Jeddah City, termasuk Jeddah Tower, sebesar 2,3 miliar dolar Amerika Serikat. Proyek ini dicanangkan selesai pada 2020 mendatang.

“Kami akan memenuhi tujuan perusahaan untuk menciptakan sebuah pusat perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup yang canggih. Sehingga Jeddah mungkin akan memiliki landmark atau ikonik yang baru, yang akan menyita perhatian orang dari seluruh lapisan masyarakat,” kata Mounhib Hammoud, Direktur Eksekutif Perusahaan Ekonomi Jeddah, sperti dilansir CNN News.

Bila Jeddah Tower selesai dibangun pada 2020, gedung tersebut akan menjadi gedung tertinggi di dunia, mengalahkan Burj Khalifa milik Dubai. Dan mungkin Jeddah Tower juga menjadi gedung pertama yang mencapai tinggi satu kilometer dari pijakannya di daratan.

(baca: Wow, Hotel Mewah Ini Akan Dibangun di Bawah Laut)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement