Senin 07 Dec 2015 06:09 WIB

7 Destinasi Wisata Trekking Terbaik Indonesia Versi Lonely Planet

Red: Nur Aini
Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB
Foto: wordpress
Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia tidak hanya memiliki pantai dan pulau-pulau yang indah. Lonely Planet menyebut Indonesia juga menawarkan destinasi wisata jalan-jalan atau trekking kelas dunia. Destinasi wisata tersebut bisa membutuhkan waktu setengah hari melewati lembah dengan desa tradisional, mendaki gunung berabi yang menawarkan panorama mempesena, hingga menelusuri hutan belantara.

Berikut tujuh destinasi wisata trekking (pendakian) terbaik di Indonesia versi Lonely Planet yang bisa Anda coba.

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan lokasi populer dan mudah diakses. Suku Dani yang tinggal di wilayah ini masih menggunakan peralatan tradisional seperti batu, tulang, dan kayu saat ekspedisi sejarah asal Amerika pimpinan Richard Archbold dilakukan pada 1938. Meski kini kehidupan suku Dani telah berubah, namun Lembah Baliem tetap menawarkan nuansa tradisional yang kental.

Mengunjungi Lembah Baliem bagi sebagian orang adalah hal paling menarik di Papua.

2.Taman Nasional Gunung Lauser

Taman Nasional Gunung Lauser di Aceh sebelumnya jarang masuk dalam radar wisatawan. Namun, tempat ini menawarkan pengalaman masuk hutan yang sesungguhnya. Taman nasional ini disebut sebagai salah satu wilayah dengan keanekaragaman hayati paling penting di dunia. Bahkan, wilayah ini sering disebut sebagai laboratorium ekosistem paling lengkap karena kekayaan hutan dan tipe spesies yang ada.

3. Kawah Ijen

Pengunjung datang ke Kawah Ijen biasanya ingin melihat danau kawah. Pemandangan di Kawah Ijen disebut sangat dramatis. Di kawasan ini, pengunjung juga dapat menyaksikan para pengumpul belerang yang dilakukan secara tradisional.

sumber : Lonely Planet
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement