Jumat 04 Dec 2015 08:54 WIB

Nikmatnya Pai, Kudapan dengan Beragam Isian

Ada dua macam pai dan isiannya, yakni manis dan gurih. Salah satunya Swedish Wildberry Pie.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ada dua macam pai dan isiannya, yakni manis dan gurih. Salah satunya Swedish Wildberry Pie.

REPUBLIKA.CO.ID, Pai merupakan kudapan yang digemari karena cukup mengenyangkan. Pai pun bisa diisi dengan buah yang manis atau daging serta sayuran keju yang gurih.

Membuat pai sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahan-bahannya pun relatif mudah disesuaikan dengan isi kulkas. Aa Koswara, pastry chef Hotel Gran Melia Jakarta, mengatakan kulit pai cenderung baku bahannya, hanya berisi tepung, gula, dan mentega.

Tapi isian pai bisa sangat beragam. Aa mengatakan isinya bisa terdiri dari berbagai macam buah, sayur, daging, hingga cokelat dan keju.

Membuat isian pai pun cukup mudah. Untuk pai buah yang manis misalnya, Aa mengatakan bahkan tak perlu proses memasak. Pai apel dan kismis bisa dibuat dengan memotong kotak-kotak apel, lalu menambahkan bumbu-bumbu seperti kayu manis, cengkih, pala, jahe bubuk atau air jahe, beserta gula dan taburan kismis.

"Tidak perlu dimasak bisa langsung dipanggang," kata Aa. Apel secara alami akan mengeluarkan air saat dipanggang, cairan kemudian melebur dengan bumbu menghasilkan rasa berpadu.

(baca: Mengenal Pai, Kudapan Berkulit Renyah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement