REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia resmi mengirimkan sejumlah karya untuk dilombakan di ajang "ASEANTA Awards for Excellence 2016" di Manila, Filipina bulan Januari 2016 mendatang. Ajang ini dinilai penting bagi Indonesia untuk memenangkan persaingan pariwisata di dunia, khususnya di kawasan ASEAN sekaligus mem-branding Indonesia dengan tagline "Wonderful Indonesia".
"Mulai tahun ini kita diminta (oleh Menteri Pariwisata,red) untuk memenangkan berbagai award, pertama adalah di tahun depan ASEANTA Award sebagai kick off," ujar Noviendi Makalam, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Ahad (29/11).
Novi mengatakan pihaknya optimistis Indonesia meraih juara. Sebab sebelum mengirimkan karya untuk dilombakan, Kementerian Pariwisata telah lebih dulu membentuk panitia yang terdiri dari Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) yang bertugas menjaring dan menyeleksi karya-karya terbaik anak bangsa.
Hal ini berbeda dengan penyelenggaraan di tahun-tahun sebelumnya dimana peserta asal Indonesia jumlahnya sedikit. Sehingga sejak pertama kali digelar 28 tahun silam, catatan kemenangan partisipan Indonesia boleh dibilang memprihatinkan.
"Proses pemilihan melalui tiga tahap, yakni pertama adalah penetapan kriteria, lalu memilah dan terakhir menetapkan peserta-peserta untuk dikirim," ujar Noviendi. "Dari hasil pemilihan dan kurasi, sekarang sudah cukup memadai untuk dikirim," kata Noviendi.
Untuk menyosialisasikan ajang ASEANTA Awards ke masyarakat yang lebih luas, Kemenpar juga menghadirkan panggung "Wonderful Indonesia" di halaman Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, saat pelaksanaan Car Free Day (CFD) pagi tadi.
"Masih banyak kompetisi lain yang akan kita ikuti, dan Indonesia harus menjadi juara karena Indonesia hebat. Selama ini kita tidak pernah mempersiapkan dengan baik, karena itu mulai kali ini kita sudah siapkan untuk kemenangan," ujar Noviendi.
Ada enam kategori yang dikompetisikan di ASEANTA Awards 2016, yakni Best ASEAN Travel Article, Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Marketing & Promotional Campaign, Best ASEAN New Tourism Attraction, Best ASEAN Airline Programme dan Best ASEAN Cultural Preservation Effort.