Rabu 25 Nov 2015 07:39 WIB

Jangan Takut, Internet Punya Banyak Manfaat Positif untuk Anak

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anak bermain internet (ilustrasi)
Foto: familyshare.com
Anak bermain internet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang tua melihat internet dari sisi buruk beserta dampak negatifnya. Padalah tak adil apabila kita hanya melihat sesuatu dari satu sisi saja. Internet juga memiliki manfaat positif untuk anak.

Jika saja orang tua berfokus pada aspek-aspek positif, internet dapat memberikan kesempatan luar biasa bagi generasi yang akan datang. Dilansir Familyshare, inilah sederet manfaat positif internet untuk anak.

Memperoleh e-education

Saat ini orang hidup di era digital. Internet menambah wawasan anak tentang dunia, membantu anak belajar instruksi komputer, akses mudah mengikuti kelas online, membantu anak yang di desa dekat dengan pusat kota.

Menjaga hubungan

Anak-anak yang terpisah jauh dengan orangtua karena perceraian atau dinas di luar kota bahkan berbeda negara, menderita secara emosional. Demikian pula anak yang pindah ke kota lain sehingga terpisah dengan teman-temannya. Lewat internet mereka dapat terus berhubungan dengan orang-orang yang dicintai.

Menambah teman

Memang mengkhawatirkan melihat anak-anak berkomunikasi dengan orang asing. Tapi selama kontrol orangtua berjalan baik, manfaat sosialnya lebih dapat dirasakan. Kualitas anak dalam berhubungan interpersonal dapat terbentuk.

Solusi rahasia

Bagi remaja yang memiliki masalah pribadi, mungkin mereka malu bercerita dengan orangtua atau teman. Tapi bila mereka cerdas, di dunia maya tersedia ruang konsultasi dengan para ahli, mereka dapat menemukan solusinya di sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement