Selasa 24 Nov 2015 09:15 WIB

Makan Sushi Lebih Nikmat? Ini Tipsnya

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Saat melahap sushi, cocolkan sedikit saja ke kecap asinnya. Juga selalu jaga kebersihan tangan sebelum menyantap sushi.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Saat melahap sushi, cocolkan sedikit saja ke kecap asinnya. Juga selalu jaga kebersihan tangan sebelum menyantap sushi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sushi menjadi salah satu makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Dalam lima tahun terakhir, restoran yang menyediakan jenis makanan ini juga semakin banyak, khususnya di Ibu Kota dan kota-kota besar lainnya di Tanah Air.

Namun, belum banyak orang di Nusantara yang memahami tata cara yang benar dalam menyantap makanan yang terdiri dari nasi, daging ikan mentah maupun telur ikan, serta nori dari bahan dasar rumput laut itu. Padahal, dengan mengikuti petunjuk makan makanan asal negeri Matahari Terbit itu secara tepat, diyakini kenikmatan sushi dapat lebih terasa.

"Banyak yang belum mengetahui kalau sebaiknya kita tak perlu banyak menggunakan kecap asin sebagai bumbu sushi. Cukup sedikit, agar kenikmatan dan kesegaran ikan terasa," ujar Direktur Sushi Tei, Sonny Kurniawan.

(baca: Tips Halal Kuliner Jepang, Ganti Sake dengan Soda)

Selain itu, orang-orang yang hendak memakan sushi disarankan untuk tidak mencampur wasabi ke dalam kecap asin. Cukup dipoleskan sedikit di bagian daging ikan dan kemudian celupkan di kecap asin.

"Kecap asinnya juga cukup sedikit saja, lalu celupkan bagian daging ikan bukan nasi ke dalamnya," jelas Sonny.

Ia juga menuturkan, setiap orang dapat menggunakan sumpit maupun tangan untuk memegang sushi yang akan disantap. Satu hal yang terpenting adalah pastikan kebersihan alat makan, terlebih tangan.

"Boleh menggunakan sumpit, boleh tangan karena di Jepang sendiri orang-orang tak jarang pakai tangan agar nasinya tidak tumpah dalam kecap asin," kata Sonny menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement