Senin 23 Nov 2015 10:39 WIB

Kemenpar Dorong Pengembangan Pulau Belitung Seperti Maldives

Pulau Lengkuas, Bangka Belitung
Foto: ROL/Sadly Rachman
Pulau Lengkuas, Bangka Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, Upaya menggenjot kedatangan wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) ke tanah air terus dilakukan Kementerian Pariwisata. Salah satunya dengan memperkenalkan daerah-daerah lain di Indonesia di luar Bali (Bali Beyond) ke dunia internasional.

Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengatakan, tidak dipungkiri dunia internasional saat ini masih mengenal Bali sebagai destinasi wisata favorit. Padahal banyak daerah lain di luar Pulau Dewata yang memiliki potensi serupa atau bahkan lebih.

"Salah satunya Pulau Belitung. Awalnya mereka saya tawarkan ke Bali atau Jogja, tapi mereka tertarik ke Belitung," ujar Vinsensius di hadapan 15 anggota Japan Association of Travel Agents (JATA) akhir pekan kemarin.

Para anggota JATA tersebut diajak menikmati langsung keindahan Negeri Laskar Pelangi. Dengan merasakan langsung pengalaman berwisata tersebut, diharapkan mereka bisa menceritakan dan menjual bagaimana indahnya Indonesia, khususnya Pulau Belitung.

Menurut Vinsen potensi yang dimiliki Belitung tidak kalah dengan yang ada di Maldives. Ombak tenang dengan pasir putih dan air yang jernih membuat siapapun yang menginjakkan kakinya di Belitung akan terpesona.

"Dari hasil obervasi, mereka (anggota JATA) mengatakan pulau Belitung bagus sekali untuk bisnis pariwisata. Kita harapkan kehadiran mereka dapat memberi warna bagi Belitung, dan Bangka Belitung pada umumnya," ujar Vinsen.

Ia mengatakan ke depan akan melakukan hal serupa dengan pulau dan daerah-daerah lain di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement