Jumat 20 Nov 2015 11:53 WIB

Mengenal Manfaat Ginseng Bagi Tubuh

Ginseng Korea
Foto: Republika/Hazliansyah
Ginseng Korea

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ginseng dengan segala manfaatnya mungkin sudah sering kita dengar. Umumnya, ginseng mampu memberikan ketahanan tubuh yang lebih bagi mereka yang mengonsumsi.

Lalu apa manfaat lainnya dari ginseng?

Dr. Jusuf Kristianto, MM,MHA,MQIH. PhD, Lecturer in Hospital Management, School of Medicine Universitas Indonesia mengatakan ginseng telah lama dikenal sebagai akar ajaib. Dikenal sebagai 'Raja Herbal' di komunitas yang menyukai pengobatan alami karena akar ini mampu membantu meningkatkan sistem imun, meningkatkan stamina dan tenaga, membantu sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi daya ingat.

Sebagian ilmuwan percaya bahwa ginseng membantu otak memproduksi lebih banyak senyawa endokrin yang membantu menyeimbangkan hormon yang menyebabkan stress fisik dan emosional yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenalin.

"Bentuk ginseng (struktur kimia) sering disebut mirip dengan manusia, karena itu cocok untuk membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit," ujar Jusuf Kristianto saat berbicara dalam seminar "Ginseng Korea" beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Jusuf, dengan segala kelebihannya itu, ginseng juga sering dijadikan sebagai campuran makanan.

"Ginseng sangat baik sebagai makanan sehat yang berfungsi sebagai detoksifikasi dan lain-lain," kata Jusuf.

Sementara Prof. Dong-Kwon Rhee, Profesor di Sungkyunkwan University mengatakan ginseng banyak tersebar di sejumlah negara. Namun berdasarkan penelitian, ginseng Korea mengandung lebih banyak ginsenosides (zat aktif utama) dibanding dengan kandungan ginseng yang berasal dari negara seperti Amerika dan Cina.

Tingkat ginsenosides dalam ginseng Korea sebanyak 38, Amerika 14 dan Cina 15.

Ginsenosides memiliki struktur kimia yang sama dengan hormon manusia, sehingga ginsenosides dapat mengendalikan aktivitas hormon dan menstabilkan kelangsungan saraf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement