Rabu 18 Nov 2015 17:44 WIB

Jaring Wisman, World Rafting Championship 2015 Dihelat di Sukabumi

Rafting di Sungai Elo
Foto: MGROL44
Rafting di Sungai Elo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk pertama kalinya, Indonesia diberi kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Rafting Championship (WRC) 2015.

Event internasional ini bertujuan untuk menonjolkan wisata minat khusus atau sport tourism arung jeram (rafting) yang dapat mendatangkan banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Dikatakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai momentum unjuk prestasi tim rafting Indonesia ke mata dunia sekaligus juga mempromosikan potensi pariwisata khususnya Sukabumi ke mancanegara.

"WRC ini akan memberi dampak ekonomi pariwisata secara langsung, publikasi juga sangat efektif mempromosikan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia ke mata dunia," kata dia dalam jumpa pers di Ruang Rapat Menteri Pariwisata, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (18/11).

Dijelaskan lebih lanjut bahwa Sungai Citarik yang berada di kawasan Sukabumi, Jawa Barat dianggap sangat potensial mendukung sport tourism tersebut.

"Potensi alam kita mencapai 35 persen dan mampu bersaing di tingkat global. Potensi alam tersebut juga dapat kita kembangkan menjadi produk wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan," kata Menpar Arief menambahkan.

World Rafting Championship (WRC) 2015 akan dihelat di Sungai Citarik, Sukabumi, Jawa Barat pada 29 November hingga 8 Desember 2015. Kegiatan ini menjadi salah satu pendorong kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement