Ahad 15 Nov 2015 11:47 WIB

Pelestarian Sebagai Langkah Awal Menduniakan Kuliner Nusantara

Nasi Lawar
Foto: Dok: Jelajah Gizi 2015-Sarihusada
Nasi Lawar

REPUBLIKA.CO.ID, Kuliner nusantara sebagai bagian dari budaya penting untuk dilestarikan. Hal tersebut sebagai langkah awal menduniakan kuliner nusantara ke dunia.

Hariuntoro Dradjat, Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata mengatakan, budaya di Indonesia sangat beragam, termasuk di dalamnya adalah kuliner. Karena itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam menduniakan kuliner nusantara.

Sebelum mengenalkannya lebih jauh ke dunia, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kuliner tersebut tidak hilang dari masyarakat.

"Strateginya seperti itu, kuliner sebagai bagian dari budaya harus diteruskan, dilestarikan," ujar Hariuntoro kepada Republika.co.id, kemarin.

Pelestarian lanjut Hariuntoro menjadi tanggung jawab semua pihak. Mulai dari diri pribadi, komunitas hingga pemerintah juga swasta.

"Misalnya saya sebagai orang Jawa harus melanjutkan budaya Jawa, karena kalau tidak diteruskan sudah pasti akan punah, jadi semua punya tanggung jawab," kata dia.

Dalam pengembanganya juga penting untuk mengaitkannya dengan budaya modern ataupun budaya lain.

"Dengan begitu nilai tradisional yang ada tidak akan luntur dan lebih masuk ke anak muda," ujarnya.

Pemerintah sendiri, lanjut Hariuntoro, akan memainkan perannya sebagai fasilitator dengan menggelar berbagai festival kuliner, salah satunya rangkaian Festival Makanan Nusantara 20125 dan memberikan advokasi.

"Mulai dari memberikan pendampingan untuk inovasi serta advokasi jika terjadi ada hal-hal dengan negara luar. Pengakuan budaya misalnya," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement