Sabtu 14 Nov 2015 20:03 WIB

Jalan-Jalan Akhir Pekan: Taman Topi Atau Plaza Kapten Muslihat?

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Taman topi, atau disebut Plaza Kapten Muslihat, ditengahnya terdapat patung Pahlawan Nasional Bogor, Kapten Muslihat
Foto: MGROL50
Taman topi, atau disebut Plaza Kapten Muslihat, ditengahnya terdapat patung Pahlawan Nasional Bogor, Kapten Muslihat

REPUBLIKA.CO.ID,

Bila Anda memutuskan untuk berjalan kaki dari Stasiun Bogor menuju Kebun Raya, Anda akan menemukan sebuah taman yang penuh dengan "topi" disisi kiri Anda. Betul, penuh dengan "topi" karena memang tempat tersebut dikenal sebagai Taman Topi.

Pemandangan "topi koboi" atau "helm" raksasa berjejer adalah pemandangan yang terlihat di tempat yang berada di jalan Kapten Muslihat Bogor. Bagian bawahnya agak terhalang oleh pagar tanaman perdu yang terpangkas rapi.

Memang Taman Topi bisa dikatakan bukan merupakan taman murni. Sebagian besar area di tempat tersebut dialokasikan untuk berbagai kegiatan usaha. Sebagian lainnya untuk parkir dan baru sisanya dipakai untuk pepohonan.

Area ini memang dibangun sesuai dengan nama aslinya yaitu sebuah "Plaza". Dimana, nama asli Taman Topi adalah Plaza Kapten Muslihat.

Mungkin yang terbayang di benak Anda dewasa ini bila mendengar kata Plaza adalah sebuah bangunan bertingkat khas perbelanjaan modern. Hanya saja konsep tempat ini mengacu pada arti lain, yaitu sebuah tempat berkumpul, lapangan atau alun-alun.

Hal tersebut tidak bisa terlepas dari konsep awal asal mula tempat tersebut di masa lalu. Ide awal taman ini tidak bisa dilepaskan dari asal mula lokasi tersebut.

Kapten Muslihat adalah nama seorang pejuang Kemerdekaan Indonesia dari Bogor Tubagus Muslihat. Ia berpangkat Kapten pada saat gugur tertembak. Untuk menghargai pengorbanannya, akhirnya digunakanlah nama ia, selain juga merupakan nama jalan keberadaan tempat ini.

Hanya saja karena bentuk bangunannya memakai atap berbentuk penutup kepala maka masyarakat Bogor lebih mengenalnya dengan sebutan Taman Topi. Nama ini lebih tenar dan populer dibandingkan dengan nama resminya.

Jadi, bila Anda menanyakan arah pada warga Bogor, jangan bertanya dimana Plaza Kapten Muslihat karena masih banyak warga Bogor yang tidak tahu nama sebenarnya. Sebut saja Taman Topi maka mereka akan menunjukkan arah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement