Sabtu 14 Nov 2015 19:39 WIB

Jalan-Jalan Akhir Pekan: Taman Bagi Para Pecinta Dongeng

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kegiatan mendongeng di Taman Topi atau Plaza Kapten Muslihat
Foto: MGROL50
Kegiatan mendongeng di Taman Topi atau Plaza Kapten Muslihat

REPUBLIKA.CO.ID,

Bersebelahan dengan Stasiun Bogor, terdapat sebuah taman sederhana yang sering dijadikan tempat berkumpul bersama dengan keluarga, teman, maupun kekasih. Tempat ini memiliki nama asli Plaza Kapten Muslihat, namun lebih dikenal dengan sebutan Taman Topi.

Hanya saja kalau dilihat dari kacamata masa kini, Taman Topi adalah sebuah tempat yang sederhana. Tidak banyak hal yang bisa dilihat atau dinikmati.

Justru saat ini tempat ini lebih banyak dijadikan tempat usaha. Jenis usaha yang ada disini pun bermacam-macam mulai dari kursus bahasa Inggris, dokter, tempat fotokopi dan juga pujasera. Terdapat gerai California Fried Chicken di bagian tengahnya. Dan di sisi Selatan terdapat pintu masuk ke taman ria.

Meskipun sederhana, tempat ini masih sesuai dengan ide awalnya yaitu sebuah tempat berkumpul. Suasananya memang cukup teduh mengingat di bagian dalamnya terdapat cukup banyak pepohonan. Hanya saja bila anda mengharapkan sesuatu yang istimewa khas masa kini, Anda tidak akan menemukannya di Taman Topi.

Menariknya, setiap hari minggu, Taman Topi sengaja dikhususkan untuk para anak-anak dengan menghadirkan berbagai cerita dongeng yang bertujuan untuk melestarikan berbagai kegiatan anak-anak yang makin lama makin pudar.

Harga tiket masuk ke dalam taman adalah Rp 10 ribu. Dengan harga tersebut, anak-anak bisa bermain beragam wahana seperti Monorail, Bom Bom Car, Bom Bom Boat, Flying Fox, dan komedi.

Mengunakan nama Taman Topi ataupun Plaza Kapten Muslihat akan tetap sama di mata masyarakat. Tempat wisata ini adalah sebuah tempat wisata keluarga di Bogor.

Saat malam hari dan sedang cerah, kawasan taman ini akan diisi para pengunjung yang berwisata kuliner di kedai sekitar atau sekadar duduk-duduk santai. Ada beberapa bangku besi di depan taman yang bisa digunakan wisatawan umum. Selagi menikmati udara dan kuliner, nikmati juga hiruk pikuk Kota Bogor kala malam.

Jadi, meski destinasi lawas, Taman Topi tetap layak dikunjungi dengan segala atmosfer yang tercipta kini. Taman ini bisa jadi tempat singgah sesaat setelah sampai Bogor dengan menggunakan kereta, atau sebaliknya. Menunggu waktu datangnya kereta sambil jalan-jalan di sekeliling tempat ini pun cukup mengasyikan.

Taman ini dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB untuk hari Senin - Jumat, sedangkan saat weekend Sabtu dan Minggu taman dibuka pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement