Sabtu 14 Nov 2015 19:03 WIB

Jalan-Jalan Akhir Pekan: Berwisata ke Taman Tertua di Bogor

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Taman Topi atau Plaza Kapten Muslihat
Foto: MGROL50
Taman Topi atau Plaza Kapten Muslihat

REPUBLIKA.CO.ID,

Plaza Kapten Muslihat atau yang biasa disebut Taman Topi merupakan sebuah taman tertua di kota Bogor dan saat ini dijadikan sebagai tempat wisata tidak hanya keluarga di Bogor, namun juga Jabodetabek.

Taman Topi sangatlah asri dan bersih dari berbagai sampah. Taman yang dapat menyejukan mata ini sering disebut dengan sebutan Taman Topi bukan Plaza Kapten Muslihat karena bentuk bangunan taman yang lokasinya berada sebelahan dengan stasiun Bogor ini memiliki atap berbentuk topi. Memang tidak semua, namun karena itulah akhirnya taman ini dikenal dengan sebutan Taman Topi.

"Ada sebagian bangunan yang bentuk atapnya seperti topi besar. Sehingga, pengunjung lebih mengenal taman ini dengan sebutan itu (Taman Topi), ketimbang nama aslinya (Plaza Kapten Muslihat)," ujar H. Iskandar petugas Tourist Information Centre (TIC).

Bangunan dari Taman Topi bisa dibilang sangatlah unik, memiliki motif yang khas, dengan atap yang berbeda bentuk dan warna. Sebuah bangunan tidak hanya sekedar sebuah bangunan. Bangunan ini mempunyai makna tersendiri yang sesuai dengan kota Bogor seperti halnya daun alas, daun pisang serta daun alpukat, untuk melambangkan kepahlawanan ada bangunan beratap helm seorang pejuang.

Jadi bisa dikatakan kalau bagunan di Taman Topi ini menjadi salah satu identitas dari kota Bogor.

Taman Topi tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih lagi pada hari Sabtu dan Minggu.

"Sama seperti tempat wisata lain ya, Taman Topi juga selalu ramai pengunjung setiap weekend (Sabtu - Minggu)," ungkap Iskandar.

Karena dikedua hari tersebut, akan hadir komunitas dari seluruh kawasan Bogor yang akan mengadakan acara. Berlangsung pada pukul mulai 13.00 - 17.00 WIB.

Plaza Kapten Muslihat diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Yogi S.M pada tahun 1985. Taman ini memiliki luas area kurang lebih sekitar 23.750 m2.

Sebelumnya Gubernur Jabar terlebih dahulu meresmikan Taman Ade Irma Suryani pada tahun 1975. Nama dari taman-taman ini diambil dari nama pahlawan dari Bogor dan Indonesia. Dahulunya, pada zaman pemerintahan Belanda, taman ini disebut Kebun Kembang. Dan sekarang lebih dikenal dengan sebutan Taman Topi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement