Kamis 12 Nov 2015 06:03 WIB

Sinyal Handphone Berbahaya Bagi Pesawat, Benarkah?

Rep: MGROL50/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pilot sedang menerbangkan sebuah pesawat
Foto: independent.co.uk
Pilot sedang menerbangkan sebuah pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak rahasia yang tidak kita ketahui tentang pesawat yang kita tumpangi. Ada beberapa rahasia yang pilot simpan dari penumpangnya, bukankah ini tidak adil? 

Kita sering ketakutan untuk menyalakan handphone atau telepon genggam di pesawat, yang dikatakan penyebab utama kecelakaan. Namun nyatanya hal ini tidak demikian. 
 
Dilansir laman Independent, berikut rahasia pilot yang harus diketahui oleh penumpang.

Handphone tak Menganggu Sinyal Pesawat

handphone pada kenyataannya dapat digunakan selama pesawat take-off dan landing. Tidak ada bukti konklusif bahwa sinyal elektonik atau handphone menyebabkan masalah sistem di pesawat. Bahkan, pilot menggunakan handphone mereka ketika metode komunikasi radio standar mengalami gangguan. 
 
Tak perlu khawatir turbulensi
 
Kecelakaan pesawat paling sering terjadi saat lepas landas atau mendarat. Turbulensi hanya sementara waktu dirasakan oleh penumpang. Turbulensi sebenarnya bukan mengakibatkan sayap akan jatuh, tetapi hanya mengganggu. Jadi, jangan terlalu khawatir jika terjadi turbulensi selama penerbangan.
 
Mengenai sabuk pengaman
 
Penumpang tidak perlu khawatir hingga harus mengencangkan sabuk pengaman. Karena, beberapa pilot pun lupa untuk mengencangkannya selama penerbangan. Tetapi, mereka akan memberitahu jika akan terjadi turbulensi. Pada saat itulah sabuk pengaman wajib dikencangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement