Rabu 04 Nov 2015 08:17 WIB

Lima Cara Bangkit Dari Keterpurukan Patah Hati

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Ketika hati tak lagi bertaut ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengobati luka hati akibat perpisahan.
Foto: Republika/Prayogi
Ketika hati tak lagi bertaut ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengobati luka hati akibat perpisahan.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak sedikit yang jatuh bangun dalam urusan cinta sebelum akhirnya mereka menemukan pasangannya yang cocok. Saat putus cinta, setiap orang kerap merasa tidak ada yang lebih sakit dari apa yang sedang dialaminya. Mereka akan meratapi dan menyalahkan diri atas perasaan yang pernah dimilikinya.

Dilansir dari Yourtango, Rabu (4/11), berikut ini beberapa cara untuk membantu Anda terlepas dari jeratan masa lalu yang membelenggu.

Beristirahatlah dari cinta dan nikmati waktu Anda dengan keluarga

Saat ini, Anda tengah mengalami dua hal sekaligus yaitu kehilangan orang yang Anda cintai dan Anda kehilangan cinta itu sendiri. Dalam kondisi ini, Anda perlu sedikit menghindar dari hal-hal yang berbau cinta, sampai pada batas Anda sudah siap untuk terluka lagi. Perhatian dan kehangatan keluarga dapat mendukung Anda kembali dan dapat mengembalikan kondisi emosional Anda.

Berpikirlah bahwa pasangan Anda juga mengharapkan Anda cepat sembuh dari keterpurukan

Cinta yang tulus tidak akan mengizinkan orang yang dikasihinya menderita terlalu lama. Mereka tentu mengharapkan seseorang yang pernah mengisi hatinya mendapatkan kebahagiaan dengan siapapun.

Cobalah untuk move on

Menjalin kisah baru bukan berarti melupakan. Kenangan selamanya akan menjadi kenangan. Hanya saja yang yang membedakan, menjadi prioritas atau tidak.

Saat Anda sudah berhasil menempatkan kenangan itu dalam barisan yang sama dengan teman-teman Anda, Anda berhasil memetakan hati Anda. Sampai akhirnya Anda kembali memiliki ruang kosong untuk diisi.

Jangan pernah takut untuk jatuh cinta lagi

Sulit memang untuk memulai hubungan baru. Bayang-bayang masa lalu kerap menghantui terlalu sering serta bayangan terluka lagi menjadi alasan. Di sinilah dibutuhkan keberanian Anda untuk menaklukkan dan meyakinkan diri, bahwa kisah baru akan memiliki akhir cerita yang lebih indah.

Jangan sekalipun membandingkan pasangan Anda dengan si mantan

Jangan mengharapkan pasangan Anda menjadi sosok yang pernah Anda cintai sebelumnya. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk mencintai. "Ada berbagai macam cinta di dunia ini tapi tidak akan pernah cinta yang sama datang dua kali," ujar F. Scott Fitzgerald..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement