Sabtu 31 Oct 2015 12:12 WIB

Jokowi Diminta Bantu Publikasikan Buku Wayang Pak Raden

Rep: C23/ Red: Indira Rezkisari
Pak Raden
Foto: Antara
Pak Raden

REPUBLIKA.CO.ID, Almarhum Suyadi atau Pak Raden masih memiliki karya yang belum sempat dipublikasikan. Salah satunya adalah buku berjudul 'Suti' yang berisikan gambar dan cerita wayang untuk anak-anak.

Manajer Pak Raden, Prasodjo Chusnato berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa membantu menerbitkan karya almarhum tersebut. Karena menurutnya  banyak orang berkoar dan bilang generasi muda tak tahu wayang tanpa melakukan apapun.

"Tapi diam-diam, di malam yang sunyi, Pak Raden masih menggambar dan membuat buku (wayang)," kata Prasodjo.

Ia menilai bila buku cerita wayang bisa dipublikasikan, dampaknya akan signifikan bagi generasi muda, terutama anak-anak. "Maka dari itu, bila saya diberi kesempatan, saya minta Pak Jokowi bisa menasionalisasikan karya beliau. Atau diterbitkan untuk dibagikan secara gratis pada seluruh anak-anak di Indonesia," tuturnya.

Prasodjo berharap keinginannya tersebut dapat didengar dan diketahui Jokowi. Karena menurutnya, buku cerita wayang milik Pak Raden, pasti akan memikat generasi muda, terutama anak-anak, untuk dapat melestarikan warisan kebudayaan Nusantara, yakni wayang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement