Kamis 29 Oct 2015 09:42 WIB

Beras dan Air Dingin Bisa Buat Ibu Hamil Lebih Nyaman

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi ibu hamil.
Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi ibu hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat hamil beragam keluhan Anda alami. Mulai dari mual, muntah, pusing, pegal, kaki bengkak dan lainnya. Semua itu membuat Anda tidak nyaman dan ingin segera mengakhirinya. Laman Indiatime, Kamis (29/10) memberikan tips membuat kehamilan selama sembilan bulan jadi lebih nyaman. Apa saja tipsnya? Simak yuk artikel berikut ini.

Hindari baju ketat

Sirkulasi tubuh Anda sudah menderita, jadi jika Anda memiliki memakai pakaian ketat dan terbatas maka itu adalah pilihan yang salah. Pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman, juga pilih pakaian dari bahan yang bisa bernapas.

Pilih sepatu yang nyaman untuk mendapatkan banyak ruang. Lupakan sepatu hak tinggi dan sandal yang ketat. Gunakan sepatu yang nyaman karena kaki Anda tentu akan bertambah besar bahkan bengkak. Anda bisa membeli sepatu dengan satu ukuran lebih besar.

Buat kantong beras

Ambil bekas sarung bantal atau kaos kaki (tergantung dari ukuran yang Anda inginkan). Isi dengan beras dan beberapa kayu manis dan stik jahit tertutup atau ikat dengan ketat. Ketika Anda mengalami sakit punggung, Anda bisa hangatkan itu di microwave atau di atas penggorengan dan aplikasikan di punggung Anda untuk meringankan rasa sakit. Ini tidak akan terasa panas dan  bau kayu manis ini sangat nikmat.

Berenang

Jika Anda bisa mengakses kolam renang, pergi ke kolam renang sesering yang Anda bisa. Berenang adalah bentuk olahraga kardio yang akan menguatkan otot Anda, meningkatkan sirkulasi dan paling penting mengurangi berat badan yang Anda bawa. Ini juga sangat nyaman dan juga merupakan terapi dan akan menenangkan otot dan tulang sendi Anda.

Gosok atau usap punggung Anda setiap malam sebelum tidur

Minta pasangan Anda menggosok atau mengusap punggung Anda setaip malam sebelum tidur. Ini akan membantu mengurangi banyak ketidaknyamanan dan membuat tidur Anda lebih mudah tidur. Hal ini juga membuat ikatan Anda dan pasangan semakin erat saat malam hari. Jika memungkinkan cobalah pijat. Gunakan minyak atau lotion juga dapat mencegah stretch marks semakin luas.

Hindari makanan pedas dan makanan yang menimbulkan gas

Kehamilan membuat Anda mudah diserang masalah kadar asam yang tinggi dan perut penuh dengan gas. Karena itu, sebaiknya ketika hamil Anda menghindari makanan pedas dan makanan yang bisa menimbulkan gas. Apalagi ketika menjelang tidur.

Minum air dingin sesering mungkin

Air dingin akan menyegarkan Anda. Selain itu juga akan membersihkan sistem Anda dan promosikan proses divisi sel untuk perkembangan bayi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement