Kamis 29 Oct 2015 07:55 WIB

Bangunan Ikonik yang Wajib Dilihat Sebelum Rubuh

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Grand Canal Venesia, Italia.
Foto: Reuters/Manuel Silvestri/ca
Grand Canal Venesia, Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, Manusia telah membangun bangunan menakjubkan yang telah berdiri selama ribuan waktu. PBB lewat UNESCO pun berupaya menjaga bangunan-bangunan ini agar bisa terus dinikmati manusia sampai ribuan tahun lain.

Tapi manusia dan waktu selalu menjadi musuh bagi bangunan bersejarah. Untuk menjaga eksistensinya beberapa bangunan mencoba membatasi jumlah pengunjung. Lainnya berjuang dengan isu pendanaan agar bangunan bisa selalu terjaga.

Sebelum Anda tidak bisa melihat betapa menakjubkannya bangunan buatan manusia ini, berikut daftar sejumlah tempat yang wajib dilihat sebelum tak lagi ada, dikutip dari laman News.com.au.

 

Angkot Wat (Siem Reap, Kamboja)

Bangunan ini telah menderita selama bertahun-tahun lamanya, situs ini sangat populer sebagai tujuan wisata setiap tahunnya, menurut UNESCO lebih dari 800.000 orang mengunjungi situs suci ini setiap tahunnya. Tapi situs kuno ini sedang tegang oleh masuknya lalu lintas kaki, karena upaya restorasi yang telah berlangsung.

Cina baru-baru ini melangkah dengan teknologi satelit untuk memantau faktor lingkungan yang berkontribusi terhadap degradasi situs. Banyak ulasan di TripAdvisor telah menuliskan perbaikan besar membatasi akses ke bagian-bagian tertentu dari candi tapi masih mencatat bahwa itu adalah tempat yang indah untuk dikunjungi.

 

Big Ben (London, Inggris)

Jam ikonik ini menyambung ke House of Parliament Inggris dapat segera kehabisan waktu. Menurut sebuah laporan baru, jarum jam pada Big Ben bisa pecah dan jatuh ke tanah jika tanpa adanya perbaikan segera. Parlemen telah mengusulkan rencana pemulihan multi yang mengeluarkan uang jutaan dolar yang akan membuat jam tak bisa berfungsi empat bulan. Suspensi terpanjang ketepatan waktu dalam sejarah Great Bell Tower. Tidak ada tanggal telah ditetapkan untuk perbaikan untuk memulainya.

 

Venesia, Italia

Venesia sudah mulai tenggelam. Tapi seberapa cepat telah menjadi subyek perdebatan besar. Kota ini telah mengalami peningkatan insiden banjir sepanjang satu dekade terakhir dan pejabat lokal telah mencoba untuk melindungi situs bersejarah ini, tanpa menghalangi ribuan turis yang menjaga kota mengapung finansial ini.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Venesia, segera periksa informasi tentang tempat bersejarah ini yang bisa ditutup untuk restorasi selama Anda tinggal. Satu hal yang jelas, jika Anda ingin melakukan perjalanan ke kota ikonik Italia ini, jangan menunggu terlalu lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement