Senin 26 Oct 2015 08:13 WIB

Tour de Bintan Batal Digelar Akibat Asap

Tour de Bintan.
Foto: Antarafoto
Tour de Bintan.

REPUBLIKA.CO.ID,-- Dua event pariwisata bertaraf internasional dipastikan batal digelar tahun ini akibat kabut asap yang berkepanjangan.

Setelah Tour de Siak yang, event Tour de Bintan yang sedianya akan berlangsung pada 7 hingga 9 November mendatang dipastikan batal.

"Sebenarnya tidak batal, tapi reschedule ke 1 hingga 3 April 2016," ujar I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata.

Menurut Pitana, keputusan ini diambil setelah pihak meteorologi dan geofisika Singapura menyatakan El Nino di tahun ini akan berkepanjangan sehingga diprediksi hingga November hujan belum turun.

"Artinya kemungkinan asap belum bisa diredakan," kata dia.

Pitana mengatakan ajang ini bisa saja dilangsungkan. Sebab Indeks Standar Pencemaran Udara di Bintan saat ini sudah menurun drastis. Namun karena event ini melibatkan Singapura, mereka memutuskan untuk menunda sampai terpaan kabut asap benar-benar usai.

"Event ini nantinya akan diikuti peserta dari 30 negara," kata Pitana.

Selain Tour de Bintan, event yang telah dipastikan batal sebelumnya adalah Tour de Siak. Ajang yang direncanakan berlangsung pada 15 hingga 20 September dibatalkan karena kondisi asap di Riau saat itu berada pada level berbahaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement