Sabtu 24 Oct 2015 09:36 WIB

Tak Cuma Lomba Lari, Jakarta Marathon Juga Diisi Festival Budaya

Peserta Jakarta Marathon berlari di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Ahad (26/10).  (Republika/ Yasin Habibi)
Peserta Jakarta Marathon berlari di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Ahad (26/10). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Marathon 2015 siap digelar. Ajang lomba lari internasional terbesar di Indonesia ini akan berlangsung pada Ahad (25/10) esok.

Mengusung tema "Festival City Marathon", Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung lomba dengan menghadirkan Festival Budaya berisi atraksi budaya Nusantara dan kontemporer yang dapat memberikan ciri khas pada penyelenggaraan Jakarta Marathon 2015.

"Kami dengan bangga mendukung keberadaan tema Festival City Marathon yang menjadi ciri khas Jakarta Marathon dengan marathon lainnya di dunia, dengan menghadirkan Festival Budaya yang menyuguhkan atraksi budaya gerak dan musik Indoensia baik tradisional maupun kontemporer yang dapat dinikmati oleh

peserta dan masyarakat," ujar Purba Hutapea, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/10).

Selain itu, Festival Budaya diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan beragam budaya nusantara mulai dari lagu, tarian hingga kelompok musik tradisional kepada dunia.

Purba menjelaskan, nantinya dalam panggung Festival Budaya tersebut akan dimeriahkan oleh berbagai grup musik, seperti: The Changcuters, Alexa, Second Born, DJ Andiez, Queen Percussion, dan GAC. Serta tidak ketinggalan tarian tradisional diantaranya Tari Saman, Tari Pendet serta Seni Kebudayaan Betawi.

"Juga bakal ada atraksi kelompok musik tradisional Gambang Kromong dan lain-lain untuk menyemangati para pelari dan menghibur masyarakat. Mari datang dan nikmati Festival Budaya Jakarta Marathon 2015," ujar Purba.

Diikuti 15.000 penari, Jakarta Marathon 2015 membagi empat kategori lomba. Mulai dari Full Marathon, Half Marathon, Kategori 10 Kilometer serta 5 Kilometer. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement