Jumat 23 Oct 2015 08:36 WIB
Kuliner Akhir Pekan

Tape Jadi Menu Pencuci Mulut Andalan Excelso

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Crispy Cassava dari Kafe Excelso
Foto: Republika/Puti Almas
Crispy Cassava dari Kafe Excelso

REPUBLIKA.CO.ID, Tape menjadi makanan yang tak asing lagi oleh masyarakat Nusantara. Di berbagai daerah di Tanah Air, tak jarang orang-orang memilih makanan ini sebagai kudapan atau pencuci mulut.

Meski terkesan sebagai makanan tradisional, tetap banyak masyarakat modern yang senang mengkonsumsi tape. Bahkan, salah satu kafe menyajikan makanan dari proses fermentasi ini sebagai menu pencuci mulut andalan.

Excelso adalah salah satu kafe yang menyediakan menu tape berbahan dasar singkong yang disebut dengan nama Crispy Casava. Sesuai dengan namanya, 'crispy', tape ini sangat renyah seperti halnya memakan kulit lumpia kering. Tak hanya itu, ada taburan keju, coklat meses, kacang, dan susu kental di atasnya.

"Ini salah satu menu pencuci mulut andalan kami. Banyak pengunjung yang datang khusus hanya untuk memesan tape karena tahu di sini menyediakan itu," ujar Ronal, manajer operasional Excelso Street Gallery Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Menurut Ronal, sejak awal Excelso memang menyediakan menu makanan yang aslinya bertekstur lengket itu. Meski kafe ini juga menawarkan menu pilihan pencuci mulut lain yang dikemas konsep serupa, yaitu dengan bahan dasar pisang, namun tape tetap jadi pilihan utama.

"Dari dulu tape memang sudah jadi menu, pilihan menu pisang dengan coklat dan susu kental juga tersedia namun tape di sini tetap dipilih karena konsepnya renyah dan tak asam,"

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement