Senin 19 Oct 2015 10:54 WIB

Dua Kota dengan Desain Terburuk Bagi Pelancong

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu sudut Kota Boston, AS.
Foto: EPA
Salah satu sudut Kota Boston, AS.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada beberapa kota di dunia ini yang tampak dirancang bukan untuk pejalan kaki. Hal itu, selain membuat orang-orang di dalamnya harus menggunakan kendaraan bermotor.

Selain itu, ada juga kota yang menyulitkan orang-orang di dalamnya untuk melakukan navigasi. Baik warga kota maupun wisawatan yang datang berkunjung dipastikan sulit untuk mengekplorasi wilayah itu.

Belum lagi dengan segala jenis masalah, seperti kemacetan dan polusi udara yang akan membuat siapa saja merasa tak nyaman berada di sana. Apalagi jika bertandang untuk berlibur.

Dilansir dari Newscom.au, Senin (19/10)) inilah daftar beberapa kota yang dinilai gagal untuk dirancang, selain Dubai, Dhaka, dan Jakarta.

Boston, Amerika Serikat (AS)

Salah satu kota yang dikenal sebagai pusat pendidikan di AS itu mungkin tak memiliki masalah pencemaran udara dan kemactan. Namun, Boston dianggap menjadi kota yang sulit dieksplorasi oleh orang-orang yang datang karena susunan jalan yang rumit.

Begitu banyak kelokan, serta pola yang dirancang untuk pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun pengendara motor. Diketahui, banyak jalan di kota ini yang dibuat untuk dilintasi para sapi.

Banyak orang yang akan kebingungan untuk mencari jalan di Boston. Arah mata angin sebagai petunjuk utama yang memudahkan navigasi juga sulit ditemukan. Hal itu karena nampaknya orientasi jalan di Boston tidaklah didasarkan pada arah mata angin.

"Jika Anda seperti saya, mungkin harus menggunakan matahari sebagai acuan navigasi. Bila Anda bisa mencari tempat tujuan karena petunjuk arah barat, Anda begitu hebat," ujar ilmuwan dan visualiser data, Seth Kadish.

Lagos, Nigeria

Dengan rambu lalu lintas yang tersembunyi, lubang-lubang besar di tengah jalan, serta kabar bahwa pengemudi di Lagos tak perlu izin dari sekolah mengemudi, semua ini tentu tersengar cukup mengerikan. Bisa dibayangkan, jika Anda tengah berada di Ibu Kota Nigeria itu.

Belum lagi, terdapat artikel di salah satu situs lokal yang mencengangkan. Terdapat aturan dan petunjuk yang menjadi acuan bagi para pengemudi di Lagos.

Pertama, saat tengah mengalami perasaan ragu, naikkan kecepatan kendaraan Anda. Kemudian, tidak ada aturan jalan satu arah di Lagos, semua bisa menjadi dua arah. Terakhir, yang paling mengerikan adalah jangan pernah menghentikan laju kendaraan Anda untuk pejalan kaki, kecuali mereka yang menghempaskan dirinya sendiri di bawah roda kendaraan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement