Selasa 13 Oct 2015 09:35 WIB

Kesalahan Ini Buat Sayuran Jadi Kurang Sehat

Rep: MGROL 47/ Red: Indira Rezkisari
Sayuran segar mulai kehilangan nutrisi mereka dari saat mereka telah dipilih. Ketika Anda menimbun mereka lebih lanjut selama seminggu atau lebih, mereka akan menjadi tidak sehat dan kehilangan nutrisi.
Foto: pixabay
Sayuran segar mulai kehilangan nutrisi mereka dari saat mereka telah dipilih. Ketika Anda menimbun mereka lebih lanjut selama seminggu atau lebih, mereka akan menjadi tidak sehat dan kehilangan nutrisi.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin senang melihat di keranjang belanjaan Anda, begitu banyak tumpukan sayuran-sayuran dan segala macam daun segar, tetapi apakah Anda yakin sayuran-sayuran itu benar-benar tepat untuk kesehatan Anda?

Cara Anda menyimpan, memasak, membersihkan dan memakannya adalah faktor yang membuat perbedaan. Cari tahu apakah Anda membuat kesalahan-kesalahan umum dan membuang kandungan nutrisi di dalamnya.

Anda selalu membeli sayuran Anda dalam jumlah besar

Anda kebetulan menemukan beberapa diskon besar di bagian aneka sayur-sayuran, brokoli, jamur, zukini semua didiskon. Secara naluriah, Anda mungkin ingin membeli sedikit lebih dari yang Anda butuhkan, tapi tunggu, jangan lakukan itu.

Sayuran segar mulai kehilangan nutrisi mereka dari saat mereka telah dipilih. Ketika Anda menimbun mereka lebih lanjut selama seminggu atau lebih, mereka akan menjadi tidak sehat dan kehilangan nutrisi. Belilah mereka hanya untuk persediaan yang benar-benar Anda butuhkan.

Anda tidak pernah membeli sayuran beku

Sebagian besar dari kita memiliki kesalahpahaman bahwa sayuran beku selalu basi dan dengan demikian kurang sehat, tapi itu tidak mungkin terjadi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayuran mulai kehilangan nutrisi mereka saat mereka telah dipilih. Sejak saat itu sampai mereka benar-benar mencapai kelontong atau vendor, mereka sudah mulai memburuk.

Sayuran beku, di sisi lain, menjalani proses pembekuan segera setelah mereka telah dipanen. Proses ini mengunci dalam nutrisi dan membeku sayuran ketika mereka berada di puncak mereka. Ini jelas berarti sayuran beku bisa memiliki nutrisi. Ketika membeli bahan makanan Anda berikutnya, pastikan Anda memiliki campuran yang seimbang dari produk segar dan beku.

Anda tidak mencuci sayuran dengan baik

Tidaklah mengherankan bahwa sayuran yang kita konsumsi saat ini sarat dengan pestisida, bahan kimia dan residu lainnya. Tidak mencuci mereka atau hanya membilasnya tidak membersihkan residu. Hal ini membuat Anda rentan terhadap mengkonsumsi bahan kimia beracun yang menyebabkan masalah pada perut.

Luangkan waktu untuk merendam sayuran dalam air untuk sebelum mencucinya. Anda juga dapat mencoba penyemprotan sayur dengan campuran air cuka putih, untuk membuat solusi yang dapat membebaskan mereka dari residu tersebut. Jangan lupa untuk membilas sayur setelah menggunakan campuran air cuka putih ini, seperti dikutip dari Idiva, Selasa (13/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement