Ahad 11 Oct 2015 16:53 WIB

Memenuhi Nutrisi Sejak Kandungan Bantu Hindari Risiko Penyakit

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Indira Rezkisari
hamil
Foto: Prayogi/Republika
hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr. Ali Sungkar Sp.OG(K) mengatakan kehamilan adalah momen yang sangat penting. Orang tua wajib memantau sang buah hati agar pembentukan sirkuit otak mereka bisa berkembang secara baik.

Selain meningkatkan perkembangan otak dan pertumbuhan badan, kelengkapan nutrisi pada 1.000 hari pertama mampu menjadi penangkal berbagai penyakit berbahaya. Jika bermasalah pada pankreas sejak kecil misalnya, maka seorang anak bisa kemungkinan mendapat diabetes saat menginjak masa dewasa.

Sedangkan permasalahan ginjal mampu menimbulkan gangguan hipertensi. Gangguan jantung dan saluran pencernaan pun bisa mendera seorang anak jika nutrisi yang diberikan sejak kepada si kecil kurang dimaksimalkan pada 1.000 hari pertama.

"Dalam sebuah penelitian, jika ditarik mundur, berbagai penyakit mematikan dan berbahaya ini ternyata diakibatkan karena minimnya nutrisi yang diberikan orang tua saat anak masih kecil. Artinya penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan pengecekan dan pemberian nutrisi tercukupi," ungkap Ali.

Perbaikan gizi kepada sang buah hati sejak dia berada dalam kandungan, diharap mampu membuat tumbuh kembang anak lebih baik, bahkan sampai mereka menginjak masa perkembangan di usia dewasa. Dengan pertumbuhan yang baik, maka anak tersebut bisa memiliki sifat dan nutrisi baik untuk diturunkan kepada generasi berikutnya kala mereka mempunyai keturunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement