Kamis 08 Oct 2015 16:57 WIB

Ini Bandara dengan Predikat Toilet Terbersih di Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara 2015
Foto: dok: Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara 2015

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bandar udara Internasional Soekarno-Hatta (Banten) kembali meraih penghargaan. Bandara yang masuk kelas bintang empat ini dinobatkan sebagai bandara dengan toilet terbersih di Indonesia dalam ajang penghargaan "Sapta Pesona Toilet Umum Bersih di Bandara 2015".

Di peringkat dua ditempati Bandara I Gusti Ngurah Rai (Denpasar) dan Bandara Kualanamu (Medan) di peringkat tiga.

Naning Adiwoso, Ketua Dewan Juri "Sapta Pesona Toilet Umum Bersih 2015" mengatakan, dalam melakukan penilaian pihaknya mengedepankan beberapa aspek. Mulai dari kebersihan, ketersediaan papan petunjuk, peralatan antibakteri yang menunjang higienitas, ukuran bilik dan lainnya sesuai dengan aspek higienitas internasional yang akan diterapkan pada tahun 2016 mendatang.

"Juga keberadaan toilet untuk orang-orang berkebutuhan khusus, orang tua serta anak-anak," ujar Naning dalam jumpa pers, Kamis (8/10) di Jakarta.

Pemilihan Bandara Soekarno-Hatta sebagai pemenang utama, jelas Naning, lantaran toilet di bandara ini mewakili sisi higienis yang mengacu pada standardisasi internasional.

"Contohnya wastafel sudah menggunakan sensor, toilet sangat bersih juga perlengkapan dan peralatan penunjang yang memadai," kara dia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut positif digelarnya acara ini. Menurutnya keberadaan toilet umum yang bersih dan higienis di bandar udara dapat menciptakan citra positif Indonesia sebagai destinasi wisata dunia. Terlebih bandara merupakan teras (beranda) bagi satu negara.

Keberadaan toilet yang bersih dan higienis juga bagian penting dalam upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global yang saat ini berada di rangking 50 agar naik ke peringkat 30 dalam lima tahun kedepan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement