Selasa 06 Oct 2015 10:28 WIB

Nikmatnya Menyeruput Kopi Hitam di Kolong Jembatan

Kafe Kolong, Pertama di Jember, Satu-Satunya di Indonesia
Foto: Dok: Sendy A Saputra
Kafe Kolong, Pertama di Jember, Satu-Satunya di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Wisata dan kuliner menjadi sebuah hal yang tak bisa dilepaskan dari pariwisata. Keindahan suatu objek akan terasa lengkap bila didukung dengan wisata kuliner yang unik.

Jember bukan hanya terkenal sebagai kota karnaval di Indonesia, ada hal menarik lain yakni Kafe Kolong yang sedang digandrungi anak muda Jawa Timur.

Dikatakan oleh Johanes Riyanto (44) selaku pemilik kafe unik ini, hal menarik yang dilakukan wisatawan adalah menyeruput kopi hitam sambil menikmati kentang goreng panas, tahu goreng krispi maupun pisang goreng.

"Biasanya mereka nongkrong disini minum kopi hitam sambil makan pisang goreng atau tahu goreng krispi ala Kafe Kolong," kata dia belum lama ini.

Namun menurut bapak satu orang anak ini, menu yang paling laris saat ini di kalangan anak muda yang biasa datang adalah smoothie.

"Kalau wisatawan diluar Jember, seperti dari Surabaya atau Jakarta, atau wisatawan asing biasanya pesan kopi hitam, namun kalau anak muda sini pesannya minuman yang diblended," kata dia.

Menu yang ada di Kafe Kolong ini terdiri dari kopi pelbagai daerah, diantaranya ada kopi Toraja, kopi Gayo Aceh, kopi khas Jember dan kopi khas lainnya. Selain itu di kafe ini juga terdapat camilan seperti kulit ayam krispi, kentang goreng krispi, serta pisang goreng. Harga untuk secangkir kopi terbilang murah, mulai dari Rp 2000 hingga Rp 9000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement