Selasa 06 Oct 2015 06:25 WIB

Rempah dan Kuliner Indonesia Jadi 'Tamu Kehormatan' di Frankfurt Book Fair

Tim kuliner Indonesia yang akan berangkat ke ajang 'Frankfurt Book Fair 2015'
Foto: Republika/Hazliansyah
Tim kuliner Indonesia yang akan berangkat ke ajang 'Frankfurt Book Fair 2015'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 62 jenis rempah asli Indonesia akan dipamerkan di ajang Frankfurt Book Fair 2015 di Jerman pada 13 hingga 18 Oktober mendatang. Tidak sekadar dipamerkan, rempah-rempah tersebut juga akan diolah dan disajikan menjadi makanan khas Indonesia pada pengunjung serta masyarakat yang hadir.

Hal ini merupakan bentuk diplomasi budaya seiring ditetapkannya Indonesia sebagai "Tamu Kehormatan" di ajang tersebut.

Dalam penyajiannya, Indonesia akan mengirimkan tim kuliner yang terdiri dari sekitar 25 tokoh kuliner dan juru masak ternama. Diantaranya William Wongso, Vindex Tengker, Sisca Soewitomo, Bara Pattiradjawane, Bondan Winarno, Ragil Wibowo, Astrid Enricka Dhita, Budi Lee, Petty Elliot, Santhi Serad dan lainnya.

Bondan Winarno, salah satu anggota tim kuliner Indonesia mengatakan, usia Frankfut Book Fair yang telah menginjak usia 400 tahun menunjukkan buku menjadi sangat penting bagi orang-orang barat.

"Karena buku tentang kuliner saat ini sedang hangat dan diminati masyarakat eropa, kenapa kita kita tidak kedepankankan aneka buku kuliner yang kita miliki," ujar Bondan Winarno dalam jumpa pers, Senin (5/10) siang kemarin di Jakarta.

Namun sesuai sifatnya, makanan dapat lebih dinikmati jika dapat dilihat langsung, dicium aromanya dan dicicip rasanya.

"Nah mumpung kita diberi panggung luas, kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jadi kita tampilkan buku serta makanan-makanan," ujar Bondan.

Dalam misi budaya kali ini tim kuliner Indonesia mengedepankan tema "Spice it Up!" dan akan menampilkan sajian dalam beberapa tema. Seperti Gourmet Gallery dimana akan dihadirkan masakan Sumatera hingga Maluku oleh para chef seperti Bara Pattiradjawane, Bondan Winarno dan Janet DeeNeefe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement