Jumat 02 Oct 2015 19:55 WIB

Bandara Hantu di Seluruh Dunia (I)

Rep: MGROL50/ Red: Winda Destiana Putri
Bandara hantu di dunia
Foto: Dailymail
Bandara hantu di dunia

REPUBLIKA.CO.ID, Bandara adalah tempat para wisatawan berdatangan dari luar negeri untuk sekedar berlibur. Bandara dianggap salah satu tempat yang tidak pernah sepi, karena selalu dikunjungi banyak orang.

Namun terdapat beberapa bandara di seluruh dunia yang sudah lama sepi pasca perang ataupun peristiwa menegangkan lainnya. Sehingga bandara ini disebut sebagai "Bandara Hantu".

Berikut bandara hantu yang sudah membusuk di seluruh dunia, yang Republika.co.id kutip dari Foxnews Kamis (1/10)

Bandara Internasional Nicosia, Siprus

Terletak di dekat ibukota Siprus dari Nicosia, bandara ini tidak pernah melakukan penerbangan komersial sejak tahun 1977, tiga tahun setelah kudeta nasionalis Yunani dan invasi pasukan Turki. Pertempuran sengit yang terjadi antara Siprus Yunani dan Turki di bandara ini berhasil dipisahkan oleh PBB setelah perjanjian gencatan senjata ditandatangani. Bandara ini memang masih digunakan oleh PBB namun banyak terminal yang telah rusak. Beberapa pesawat bobrok ditinggalkan di landasan, kursi di dalam terminal semuanya tertutup oleh lapisan tebal debu, langit-langit dipenuhi sarang laba-laba, dan ada kawat berduri tajam di seluruh penjuru terminal.

Bandara Internasional Ellinikon, Athena

Bandara Internasional Ellinikon adalah bandara tua yang terletak di Athena, salah satu terminal yang pernah melayani hubungan utama ibukota Yunani selama 60 tahun ini sudah ditinggalkan dunia, karna disita oleh Nazi dan digunakan sebagai pangkalan udara selama Perang Dunia II, dan akhirnya ditutup pada tahun 2001. Pada tahun 2004 lapangan terbang bandara ini diubah menjadi sebuah taman yang digunakan untuk sejumlah peristiwa Olimpiade, seperti lapangan hoki dan bisbol.

Bandara Internasional Yasser Arafat, Jalur Gaza

Bandara ini berada di reruntuhan padang pasir selama bertahun-tahun akibat perang. Bandara Internasional Yasser Arafat pernah menjadi bandara kebanggaan warga Palestina. Dirancang oleh arsitek Maroko, bandara ini berada di selatan kota Rafah. Dibangun pada tahun 1998 dengan jutaan dolar dalam bentuk hibah luar negeri dan dibuka oleh pemimpin Palestina, Yasser Arafat dan Presiden AS, Bill Clinton. Tiga tahun kemudian, bandara ini ditutup akibat pasukan Israel membom menara kontrol, stasiun radar, landasan pacu dan terminal.

Floyd Bennett Field, New York City

Bandara pertama di kota New York ini didirikan di taman Marine Borough, Brooklyn, dan secara resmi dibuka pada tahun 1931. Bandara ini juga pernah digunakan sebagai titik tolak untuk memecahkan rekor penerbangan oleh Amelia Earhart dan Howard Hughes, lalu diubah menjadi Naval Air Station pada tahun 1941. Sekarang, bandara ini digunakan untuk area rekreasi nasional, rumah bagi NYPD berbasis helikopter, program berkemah perkotaan dan projek restorasi pesawat bersejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement