Kamis 01 Oct 2015 15:39 WIB

Mizone dan Coca-Cola Raih Halal Award 2015

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Winda Destiana Putri
Halal
Halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mizone dan Coca-Cola meraih Halal Award 2015 sebagai Halal Top Brand 2015 untuk kategori minuman isotonik dan minuman ringan dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Pemimpin AQUA Grup Parmaningsih Hadinegoro menyampaikan, ini merupakan kali pertama Mizone menerima penghargaan Halal Award. Menurutnya, ini bukti Aqua Group memberikan perhatian khusus pada aspek kehalalan dan pemenuhan ketentuan halal untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen di Indonesia.

"Sebagai Perusahaan yang beroperasi di negara dengan mayoritas Muslim, merupakan komitmen kami untuk menyediakan produk tidak hanya dengan kualitas terbaik tetapi juga halal," ujar Parmaningsih dalam siaran resminya, Rabu (30/9).

Parmaningsih mengungkapkan, produsen air minum dalam kemasan (AMDK) dengan merek AQUA dan VIT ini memastikan kehalalan produk dengan memenuhi seluruh ketentuan dalam memperoleh sertifikat halal yang diperbarui dua tahun sekali.

AQUA Grup juga menerapkan Sistem Jaminan Halal (HAS 23000) dalam seluruh operasional untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi aspek halal. Komitmen tersebut tertuang pula dalam kebijakan mutu, halal, keamanan pangan dan lingkungan perusahaan.

Tim manajemen halal diturunkan setiap lokasi operasi AQUA Group untuk memastikan ketentuan-ketentuan halal dipenuhi. Proses produkuksi mulai dari bahan baku, kata Parmaningsih, juga selalu dipantau.

"Pun dalam mengangkut produk sampai ke tempat penjualan, kami memastikan bahwa alat angkut tidak terkontaminasi," ungkap Parmaningsih.

Dengan penghargaan ini, AQUA Group akan terpacu untuk terus konsisten menerapkan aspek-aspek halal pada setiap produknya.

Direktur Hubungan Korporasi dan Komunikasi Coca-Cola Indonesia Titie Sadarini menyambut baik penghargaan ini. Ini menunjukkan komitmen Coca-Cola untuk menghadirkan produk berkualitas terbaik yang aman untuk dikonsumsi.

Komitmen ini sesuai dengan standar The Coca-Cola Company, keamanan pangan, serta persyaratan dari peraturan yang berlaku. "Seluruh produk dari The Coca-Cola Company yang dipasarkan di Indonesia telah mendapatkan sertifikat halal dan terdaftar di LPPOM MUI sejak Januari 1995," ungkap Titie.

Penghargaan yang diberikan dalam  Intenational Halal Expo (INDHEX) 2015 ini merupakan agenda tahunan yang diprakarsai oleh LPPOM MUI dengan Kementerian Agama Republik Indonesia sejak 2010. Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah brand yang yang dinilai berjasa dalam pengembangan, edukasi, informasi dan sosialisasi halal.

Penilaian untuk Halal Top Brand berdasarkan yang dilakukan LPPOM MUI. Perhitungan didapat dari seberapa banyak responden menilai suatu merek serta intensitas sosialisasi halal yang dilakukan bersama LPPOM MUI maupun secara independen.

Survei ini melibatkan lebih dari 2.800 responden di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Medan yang dipadukan dengan intensitas sosialisasi halal melalui berbagai media, termasuk jajak pendapat melalui www.halalmui.com.

Parameter penilaian terdiri atas produk yang telah mendapatkan sertifikat halal dan telah mengimplementasikan sistem jaminan halal di dalam perusahaan. Selain itu, penilaian juga bersumber dari seberapa banyak merek milik produsen halal disebut oleh responden yang diwawancarai oleh tim survei.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement