Rabu 23 Sep 2015 12:19 WIB

Gaya Kopi Italia Paling Banyak Diadopsi di Dunia

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Kopi hitam (Ilustrasi)
Foto: News
Kopi hitam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap negara memiliki cara yang berbeda-beda dalam pembuatan kopi. Tapi, tahukah Anda cara pembuatan kopi seperti apa yang paling banyak dinikmati oleh para pencinta kopi.

Ahli kopi Indonesia, Adi W. Tsroepratjeka mengungkapkan bahwa gaya khas kopi Italia ialah yang paling banyak diadopsi di dunia.

"Gaya yang paling banyak dilakukan atau yang diadopsi oleh penikmat kopi seluruh di dunia adalah gaya kopi ala Italia," kata ahli kopi Indonesia, Adi W. Tsroepratjeka kepada Republika.co.id, di Jakarta, Selasa (21/9).

Ia melanjutkan, kopi gaya Italia yang paling disukai itu adalah kopi yang menggunakan susu. Contohnya, kopi cappucino, kopi latte dan lainya.

"Di Italia sendiri sebetulnya kopi espresso dan cappucino itu muncul karena kebutuhan revolusi Industri Italia, jadi mereka butuh caranya menyeduh kopi yang cepat, muncul lah espresso," jelasnya.

Kendati demikian, untuk membuat kopi cappucino itu tidak terlalu mudah, karena seorang barista harus dapat membuat kopi espresso terlebih dulu.

"Kalau kita mau bikin cappucino dan latte, kita harus bisa bikin espresso yang bagus dulu, sedangkan espresso itu sebagai cara bikin kopi yang paling ribet," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement